header-int

Kegiatan PBAK 2019 STAINU Purworejo

Kamis, 19 Sep 2019, 17:04:45 WIB - 26 View
Share
Kegiatan PBAK 2019 STAINU Purworejo

Pada tanggal 9–12 September 2019 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STAINU Purworejo mengadakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi calon mahasiswa baru tahun 2019 di STAINU Purworejo dengan tema “Mengembangkan Budaya Akademis yang Toleran dalam Memperkokoh Kebangsaan”. Kegiatan PBAK 2019 diikuti oleh seluruh calon mahasiswa baru dengan sangat antusias. Selain sebagai gerbang awal bersosialisasi mahasiswa baru ke dalam budaya akademik di kampus, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menginterkoneksikan ilmu dan agama.

Hari pertama, Senin (9/9) semua peserta PBAK 2019 atau calon mahasiswa baru beserta semua panitia kegiatan berkumpul di Auditorium STAINU Purworejo untuk melaksanakan acara pembukaan PBAK pada pukul 07.30 WIB. Acara pembukaan diikuti oleh 75 orang calon mahasiswa dan 20 orang panitia kegiatan dengan memakai seragam yang sudah ditentukan oleh panitia yaitu peserta mengenakan kemeja putih, rok / celana warna hitam, jilbab warna putih (putri), dan songkok warna hitam (putra), sedangkan panitia mengenakan baju batik dan jas almamater.

Setelah acara pembukaan resmi dibuka oleh bapak Mahmud Nasir, S.Fil.I, M.Hum selaku ketua STAINU Purworejo, dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta calon mahasiswa baru yang diwakili oleh saudara Pandu Asmara dan saudari Siti Nasiroh yang kemudian diikuti oleh seluruh calon mahasiswa baru sebagai simbolis peserta untuk mengikuti kegiatan PBAK 2019.

Kegiatan tersebut tak hanya sampai dengan acara pembukaan, akan tetapi seluruh peserta wajib mengikuti semua rangkaian kegiatan yang sudah tertulis dalam manual acara PBAK 2019. Dalam manual acara, terdapat beberapa materi yang mana materi-materi tersebut sebagai bahan awal mahasiswa baru untuk beradaptasi dan menambah wawasan tentang budaya akademik yang ada di STAINU Purworejo. Dan penyampaian materi dilaksanakan selama 3 hari yaitu mulai dari hari Senin sampai dengan hari Rabu.

Adapun malam puncak kegiatan diisi dengan beragam pentas seni dari masing-masing kelompok peserta PBAK yang mana sudah ditentukan oleh panitia setelah acara sarasehan dan simtuddurror. Selain itu, sebagian panitia juga berpartisipasi dalam menampilkan sebuah drama yang tergabung dalam teater Djawah STAINU Purworejo. Setelah malam puncak selesai, seluruh peserta beristirahat untuk mempersiapkan diri untuk acara pengukuhan sebagai mahasiswa baru.

Pengukuhan dilaksanakan pada hari kamis (12/9) pada pukul 03.00 WIB di lapangan belakang kampus STAINU Purworejo. Sebelum pengukuhan, panitia melakukan orientasi dan motivasi terlebih dahulu kepada seluruh peserta mengenai tanggungjawab seorang mahasiswa. Setelah itu, pengukuhan dipimpin oleh Presiden Mahasiswa STAINU Purworejo saudara Ahmad Efendi dengan membacakan naskah bai’at mahasiswa baru dan dilanjutkan dengan sumpah mahasiswa.

Setelah pengukuhan selesai dilaksanakan, bukan berarti peserta selesai pada acara tersebut. Namun, peserta harus mengikuti outbond yang sudah disiapkan oleh panitia sebagai wahana untuk lebih mengakrabkan peserta dengan panitia. Outbond  tersebut dilaksanakan  ditempat dan suasana yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu di Pantai Ketawang Purworejo. Dalam outbond tersebut peserta dari masing-masing kelompok saling menunjukkan semangatnya untuk mengikuti seluruh perlombaan dari Pos 1 sampai Pos terakhir.

“Tentu kami ucapkan terimakasih kepada panitia penyelenggara PBAK 2019 atas partisipasinya seluruh panitia kegiatan sampai hari ini hari yang terakhir tanggal 12 September 2019 yang menunjukkan sebuah kesuksesan sudah diraih dan tentu rangkaian dari tanggal 9 sampai tanggal 12 September 2019 ini atas jerih payah panitia dan juga sportivitas mahasiswa yang menjadi peserta PBAK tentu sebagai penunjang bagi kelancaran dan kesuksesan PBAK yang telah terlaksana. Dan tentu kami selaku pimpinan juga mewakili jajaran pimpinan STAINU Purworejo mengucapkan terimakasih kepada panitia dan semoga kegiatan PBAK yang telah terlaksana selama 4 hari ini tentunya dapat membekali bagi calon mahasiswa baru bagaimana nantinya bisa menempuh masa studi di STAINU Purworejo dan sadar akan tugas-tugas mereka dengan Tri Dharma yang akan dilaksanakan selama masa studi.”. ujar beliau bapak Mahmud Nasir, S.Fil.I, M.Hum selaku Ketua STAINU Purworejo dalam menanggapi kegiatan tersebut ditengah-tengah outbond peserta PBAK.

Di akhir kegiatan PBAK 2019, acara penutupan dilaksanakan di sebuah tempat teduh yang berada disekitar pantai tersebut pada pukul 11.45 WIB dengan dihadiri oleh Ketua STAINU Purworejo beserta jajaran pimpinannya. Adapun sambutan dari ketua panitia kegiatan dan ketua STAINU Purworejo, dan dilanjutkan dengan berjabat tangan seluruh peserta dan panitia kepada Ketua STAINU Purworejo beserta jajaran pimpinannya. 

Stainu Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Yang Unggul Dan Terkemuka Dalam Integrasi Keilmuan Yang Berwawasan Global
© 2019 Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Follow STAINU PURWOREJO: Facebook Twitter Linked Youtube