header-int

Mantapkan AL APT, STAINU Purworejo Gelar Simulasi APT

Selasa, 06 Apr 2021, 15:07:56 WIB - 251 View
Share
Mantapkan AL APT, STAINU Purworejo Gelar Simulasi APT

Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo memiliki harapan yang besar pada perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan institusi. Sehingga dalam rangka meningkatkan kualitas borang dan persiapan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) agar semakin baik dan bisa diandalkan, STAINU Purworejo menggelar Simulasi Asesmen Lapangan Borang APT pada 06/04/2021 di Ruang Studio L.1. Acara Simulasi AL APT ini dilakukan secara virtual yang diikuti oleh seluruh Tim Kerja Penyusun Borang 9 Kriteria APT, yang terdiri atas Ketua, Senat, Wakil Ketua 1, 2 dan 3, LPM, LP3M, 3 Prodi PAI, PIAUD dan PGMI serta unit kerja lainnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. H. Fajri Ismail, M.Pd.I, Wakil Direktur Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang.

Yayasan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (YASPINU) Purworejo memberikan sambutan pada kegiatan simulasi ini, yang diwakili oleh Drs. H. Sumedi, M.Pd, bahwa Yayasan mendukung kegiatan simulasi APT ini. “Kegiatan seperti ini sangat baik dilakukan guna mendukung pelaksanaan AL APT agar dapat dilaksanakan secara lancar, baik dan penuh kesiapan,” ungkapnya.

Sementara Ketua STAINU Purworejo dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan simulasi bertujuan untuk mempersiapkan akreditasi institusi yang akan berlangsung. “Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan penting dalam mempersiapkan AL Akreditasi Perguruan Tinggi yang hendak kita laksanakan tidak lama ini. Dengan mengadakan simulasi AL APT kita dapat lebih menyiapkan segala hal terkait pelaksanaan AL ke depan baik administrasi, teknisnya, serta mental dalam menjawab Asesor,” katanya.

Narasumber pada kegiatan simulasi AL APT saat ini yaitu Dr. H. Fajri Ismail, M.Pd.I, menyampaikan terima kasih terkait undangannya dari STAINU Purworejo. Kami yang pernah di LPM UIN Raden Fatah Palembang telah mengupayakan beberapa prodi dari yang awalnya memiliki predikat akreditasi rendah menjadi unggul sekitar 20% dari seluruh prodi. Nanti saya akan berbagi pengalaman kita ini terkait bagaimana mengelola perguruan tinggi dan manajemen mutu,” ungkapnya.

“Kami nanti akan mengajukan pertanyaan ke pimpinan, karena pimpinan terutama Ketua merupakan personal utama yang ditanya oleh Asesor. Berbeda dengan APT 7 Standar, APT 9 Kriteria ini lebih mengedepankan syarat perlu terakreditasi. Namun secara keseluruhan borang LED STAINU Purworejo ini sudah sangat baik, tinggal nanti semoga bisa membuktikannya dan menyampaikannya kepada Asesor dengan baik dan komprehensif sesuai yang tertulis di LED,” tambahnya.

Dalam penyampaian di akhir sesi acara, Dr. Fajri memberikan closing statemen terkait saran-saran perbaikan untuk STAINU Purworejo ke depan, yaitu agar nantinya bisa menyempurnaan bukti fisik dan memaksimalkan strategi cara menjawab Asesor. Hal ini agar nantinya dalam pelaksanaan AL APT dapat berjalan secara lancar dan menghasilkan predikat akreditasi yang terbaik.

Selanjutnya di akhir sesi ini, dalam closing statemennya Dr. H. Djamal, M.Pd. selaku Ketua Tim Penyusun APT mengapresiasi kegiatan simulasi ini dan mengucapkan terimakasih kepada narasumber. “Kami siap untuk menghadapi AL APT, mohon doa semoga kami hasilnya Baik Sekali. Kami juga siap untuk melakukan perbaikan dan peningkatan mutu manajemen ini ke depan,” katanya. (Humas dan Publikasi).

Stainu Menjadi Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama yang Kompetitif dan Unggul Dalam IPTEKS dan Ilmu Keislaman yang Berwawasan Kebangsaan Pada Tahun 2040
© 2021 Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Follow STAINU PURWOREJO: Facebook Twitter Linked Youtube