header-int

PBAK 2020 STAINU Purworejo Terselenggara di Tengah Pandemi

Selasa, 15 Sep 2020, 16:25:39 WIB - 36 View
Share
PBAK 2020 STAINU Purworejo Terselenggara di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 tak menjadi penghalang Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Purworejo untuk tetap menggelar kegiatan Pengenalan Budaya dan Akademi Kemahasiswaan (PBAK) untuk calon mahasiwa baru dengan tetap menggunakan protokoler kesehatan yang ketat. Bertempat di Stainu Purworejo, kegiatan PBAK  tahun ini hanya dilaksanakan 2 hari, hari senin sampai selasa (8/9) dengan mengambil tema "Aktualisasi SDM yang berkualitas untuk Bangsa". Meskipun digelar ditengah Pandemi kegiatan PBAK diikuti dengan penuh antusias oleh seluruh calon mahasiswa baru STAINU Purworejo 2020. 

 

Ketua DEMA STAINU Purworejo tahun 2020, Sahabati Umi Masruroh mengungkapkan PBAK tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena saat ini sedang masa pandemi dan untuk meminimalisir adanya kerumunan maka pelaksanaan lebih dipercepat hanya 2 hari tanpa adanya mabit dan tetap menerapkan protokoler kesehatan.

"Dalam pelaksanaan PBAK dari panitia sudah mempersiapkan tempat cuci tangan, handsanitizer, tempat duduk berjarak dan menyediakan masker apabila ada yang tidak memakai masker." Ungkapnya. 

 

Acara Pembukaan PBAK dimulai hari senin pukul 08.00 WIB, bertempat di Auditorium kampus STAINU Purworejo dengan diikuti oleh 70 calon mahasiswa baru dan 24 panitia kegiatan dengan memakai seragam yang sudah ditentukan oleh panitia, yaitu peserta mengenakan kemeja putih, rok / celana warna hitam, jilbab warna putih (putri), dan songkok warna hitam (putra) dengan balutan pita merah putih, sedangkan panitia mengenakan jas almamater.

 

Kegiatan PBAK resmi dibuka oleh Ketua STAINU Purworejo, Bapak Mahmud Nasir, S.Fil.I, M. Hum. dengan diakhiri penyematan tanda peserta PBAK yang diwakili oleh Sahabat Tejo Prabowo dan Sahabati Istiyaningsih yang kemudian diikuti oleh seluruh calon mahasiswa baru sebagai simbolis peserta untuk mengikuti kegiatan PBAK 2020.

 

Kegiatan tersebut tak hanya sampai dengan acara pembukaan, akan tetapi seluruh peserta wajib mengikuti semua rangkaian kegiatan yang sudah tertulis dalam manual acara PBAK 2020. Dalam manual acara, terdapat beberapa materi diantaranya :

1. Civitas Akademik oleh Nur Rohmah Hayati

2. Leadership Oleh Bp. Kasinu

3. Ke-NU-an oleh Bp. K. H. Farikh Solikhin

4. Ke-Organisasian Oleh Ketua DEMA, SEMA dan PMII. 

 

Materi-materi tersebut sebagai bahan awal mahasiswa baru untuk beradaptasi dan menambah wawasan tentang budaya akademik yang ada di STAINU Purworejo. Disela-sela penyampaian materi terdapat beberapa hiburan diantaranya Pentas Seni per kelompok peserta PBAK yang telah ditentukan oleh panitia kegiatan. 

 

Bapak Mahmud Nasir S. Fil. I, M. Hum.  Selaku Ketua STAINU Purworejo mengatakan Kegiatan PBAK yang diselenggarakan 2 hari lalu tanggal 08 s.d. 09 September 2020 merupakan momentum penting bagi para peserta, khususnya mahasiswa baru STAINU Purworejo tahun akademik 2020/2021 untuk mengenal lebih dekat dengan suasana/budaya akademik, dan kemahasiswaan. Dengan mengikuti PBAK mahasiswa akan mempunyai orientasi terutama gambaran tentang pendidikan di lingkungan Perguruan Tinggi, selanjutnya mengetahui cara dan langkah yang mereka akan tempuh selama studi di STAINU Purworejo.

 

"Pelaksanaan PBAK walaupun berbeda dari tahun sebelumnya di tengah pandemi kali ini, dengan protokoler kesehatan dan dilaksanakan penuh di Kampus. Walau hanya berbatas waktu 2 hari pelaksanaan, akan tetapi tidak mengurangi subtansi dan tujuan kegiatan sebenarnya, dengan beberapa materi-materi yang disuguhkan kepada para peserta dengan kompetensi para narasumbernya." Kata Ketua STAINU Purworejo kepada Klik Media 9 melalui WhatsApp pada Kamis (10/9/2020)

 

Penutupan kegiatan PBAK dilaksanakan pada hari rabu dengan beberapa susunan acara dan diakhiri prosesi pengukuhan mahasiswa baru yang dipimpin Ketua STAINU Purworejo dengan pembacaan naskah bai'at dan sumpah mahasiswa.

Stainu Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Yang Unggul Dan Terkemuka Dalam Integrasi Keilmuan Yang Berwawasan Global
© 2020 Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Follow STAINU PURWOREJO: Facebook Twitter Linked Youtube