header-int

Periode Kepemimpinan Usai, Pejabat STAINU Gelar Laporan Pertanggungjawaban

Rabu, 13 Jan 2021, 11:37:48 WIB - 14 View
Share
Periode Kepemimpinan Usai, Pejabat STAINU Gelar Laporan Pertanggungjawaban

Periode kepemimpinan di STAINU Purworejo masa bakti 2016-2020 telah usai. Sehingga sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi dari institusi, seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan selama masa jabatan kurang lebih empat tahun tersebut, dan khususnya pada tahun anggaran 2020, maka seluruh pejabat unit struktural di STAINU Purworejo melaksanakan laporan pertanggungjawaban pada Kamis, 31/12/2021.

Kegiatan laporan pertanggungjawaban ini dipimpin langsung oleh Ketua dan didampingi unit Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STAINU Purworejo. Nantinya hasil laporan pertanggungjawaban ini akan diserahkan kepada Yayasan Perguruan Tinggi Islam Nahdlatul Ulama (YASPINU) Purworejo sebagai yayasan yang menaungi kampus STAINU Purworejo.

Dalam kesempatan ini Ketua STAINU Purworejo, Mahmud Nasir, S.Fil.I., M.Hum. menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh unit struktural di periode masa bakti 2016-2020 yang telah menemaninya dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selanjutnya ia juga mengapresiasi kegiatan LPJ yang telah disusun secara rapi sesuai dideline oleh seluruh jajaran unit struktural kampus.

“Kegiatan laporan pertanggungjawaban seperti ini merupakan suatu keniscayaan yang memang wajib dilaksanakan dalam rangka menciptakan sistem dan pelaksanaan tata pamong perguruan tinggi yang akuntabel dan transparan. Maka semoga ke depan kegiatan seperti ini harus selalu konsisten untuk dilaksanakan, sehingga STAINU Purworejo benar-benar memiliki sistem tata kelola dan tata pamong yang baik yakni mengimplementasikan Good University Governance (GUG),” ungkapnya.

“Adapun jika masih adanya kekurangan di beberapa hal, itu lah kelemahan kita yang memang mau tidak mau harus kita akui. Sehingga dari mengetahui kekurangan dan kelemahan tersebut, kita dapat memperbaiki bersama di tahun atau periode berikutnya agar sistem tata kelola dan tata pamong di STAINU Purworejo semakin baik,” tegasnya.  

Sebagaimana telah diketahui, bahwa dalam beberapa tahun ini STAINU Purworejo sedang fokus untuk memperbaiki sistem tata kelola dan tata pamong, baik di bidang akademik maupun non akademik guna menciptakan Good University Governance (GUG). Secara sederhana GUG ini merupakan penerapan adanya Good Corporate Governance dalam perguruan tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi tersebut dengan mengimplementasikan aspek transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi dan keadilan. GUG ini mampu menjamin keberlangsungan hidup perguruan tinggi dalam melakukan pengelolaan manajemen yang berkualitas.

STAINU Purworejo yakin melalui penerapan Good University Governance ini mampu mengurangi munculnya fraud (kecurangan), hal ini karena GUG sendiri akan meningkatkan pengawasan dan meningkatkan pertanggungjawaban pengelolaan di perguruan tinggi.

Maka dari itu, STAINU Purworejo tidak hanya berfokus sebagai pusat Tri Dharma Perguruan Tinggi, melainkan juga fokus pada kemampuan kampus dalam bersaing dan upaya menjaga going concem nya. Fokus penerapan GUG ini dilakukan juga dalam rangka sembari mempersiapkan hasil proses penggabungan STAINU Purworejo ke LPTNU secara penuh di bawah naungan PBNU, yang harapannya ke depan STAINU mampu berevolusi menjadi Institut atau Universitas Nahdlatul Ulama Purworejo. (Humas dan Publikasi)    

#tresnostainupurworejo

#majubersamastainu

#stainumenujulptn

Stainu Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Yang Unggul Dan Terkemuka Dalam Integrasi Keilmuan Yang Berwawasan Global
© 2021 Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Follow STAINU PURWOREJO: Facebook Twitter Linked Youtube