header-int

Persiapan Akreditasi, STAINU Purworejo Gelar Klinik Borang APT

Selasa, 23 Mar 2021, 17:15:33 WIB - 120 View
Share
Persiapan Akreditasi, STAINU Purworejo Gelar Klinik Borang APT

Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo memiliki harapan yang besar pada perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan institusi. Sehingga dalam rangka meningkatkan kualitas borang dan persiapan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) agar semakin baik dan bisa diandalkan, STAINU Purworejo menggelar klinik Borang APT pada 23/03/2021 di Ruang Rapat Dosen L.1. Acara Klinik Borang ini dilakukan secara virtual yang diikuti oleh seluruh Tim Kerja Penyusun Borang 9 Kriteria APT, yang terdiri atas Ketua, Senat, Wakil Ketua 1, 2 dan 3, LPM, LP3M, 3 Prodi PAI, PIAUD dan PGMI serta unit kerja lainnya.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri Dr. Haryadi, M.Sc, Asessor selaku Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dari Universitas Jendral Soedirman (UNSOED) Purwokerto.

Ketua STAINU Purworejo dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan nilai (skor) akreditasi institusi. “Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan penting dalam meningkatkan wawasan kita terhadap Akreditasi Perguruan Tinggi yang hendak kita laksanakan tidak lama ini. Maka dengan mengadakan klinik borang ini diharapkan nantinya dalam APT kita menghasilkan skor seperti yang kita harapkan bersama, yaitu semakin meningkat ke yang terbaik,” katanya.

Ketua Tim Penyusun Borang APT 9 Kriteria, Dr. H. M. Djamal, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Dr. Haryadi yang telah sudi hadir secara virtual memenuhi undangan STAINU Purworejo untuk membantu mereview, membimbing dan mengarahkan Tim APT dalam mereview borang APT sebelum di upload. “kegiatan klinik borang ini kita laksanakan guna menyempurnakan borang APT yang telah kita susun bersama, agar nantinya dalam proses Asessmen Lapangan (AL) wujud borang yang terdiri dari LKPT dan LED dapat terbaca dengan baik sesuai  matrik penilaian tertinggi dari IAPT BAN-PT,” terangnya.

Dr. Haryadi di awal penyampaian materinya mengatakan bahwa dirinya sangat senang bisa hadir walau secara virtual ke daerah tempat asalnya yaitu Purworejo. “Di sisa waktu saya ini, saya ingin mengabdi ke bidang Pendidikan, terutama ke NU. Apalagi Purworejo merupakan daerah kelahiran saya. Maka, saya berharap ke depan STAINU Purworejo ini semakin besar dan maju,” katanya.

Berkenaan dengan pengajuan akreditasi, Dr. Haryadi menyampaikan bahwa berdasarkan peraturan BAN PT, Perguruan Tinggi tidak bisa menjalankan fungsinya apabila tidak memenuhi syarat akreditasi. “Perguruan tinggi tidak bisa melaksanakan akreditasi apabila skor awalnya baru mencapai 170. Namun, setelah melihat borang APT dari STAINU Purworejo ,” tambahnya.

Dalam penyampaian di akhir sesi acara, Dr. Haryadi memberikan closing statemen terkait saran-saran perbaikan untuk STAINU Purworejo ke depan, yaitu agar terus meningkatkan manajemen mutu melalui matrik dengan mempertimbangkan input, proses, output dan outcame dalam hal pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Kampus yang bagus itu adalah yang banyak mendapatkan uang dari luar mahasiswa. Caranya ya dengan berbisis, kampus punya bisnis sesuai dengan ilmu dan kemampuan kita,” terangnya.

Selanjutnya di akhir sesi ini, Dr. Haryadi sebagai pakar Akreditasi dari BAN PT sekaligus seorang akademisi, dimintai permohonan oleh pimpinan STAINU Purworejo untuk menjadi Tim Pakar atau Penasehat dari lembaga yang menaungi STAINU Purworejo saat ini yaitu Badan Penyelenggara Pelaksana Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama atau yang disingkat BP3TNU di bawah Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama. (Humas dan Publikasi).

Stainu Menjadi Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama yang Kompetitif dan Unggul Dalam IPTEKS dan Ilmu Keislaman yang Berwawasan Kebangsaan Pada Tahun 2040
© 2021 Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Follow STAINU PURWOREJO: Facebook Twitter Linked Youtube