header-int

Persiapan AMI, STAINU Purworejo Gelar Bimtek Auditor

Jumat, 11 Sep 2020, 12:39:45 WIB - 45 View
Share
Persiapan AMI, STAINU Purworejo Gelar Bimtek Auditor

Sehubungan dengan persiapan Audit Mutu Internal (AMI) STAINU Purworejo tahun 2020, Lembaga Penjaminan Mutu STAINU Purworejo menggelar Bimbingan Teknis Auditor AMI dengan model FGD pada Rabu, 26 Agustus 2020. Audit Mutu Internal menjadi suatu keniscayaan bagi kampus untuk melaksanakannya dalam rangka perbaikan sekaligus efektivitas sistem penjaminan mutu. Acara ini dilaksanakan di ruang rapat dosen lt.1 dengan menghadirkan beberapa peserta auditor AMI. Acara dihadiri oleh tim auditor STAINU Purworejo dan auditee. Dalam kesempatan Bimtek tersebut, Mahmud Nasir, S.Fil.I., M.Hum., selaku Ketua STAINU Purworejo sekaligus narasumber, menjelaskan bahwa audit merupakan kegiatan yang terprogram di STAINU Purworejo. “AMI adalah kegiatan tahunan, agar sistem penjaminan mutu internal di kampus ini mampu terimplementasi secara baik sesuai standar siklus penjaminan mutu yang telah ditetapkan,” katanya dalam sebuah pengantar.

Selanjutnya ia juga menerangkan bahwa kegiatan AMI ini tidak sekedar mencari masalah apa saja yang ada di kampus, melainkan lebih dari itu AMI bertujuan untuk memperbaiki sistem yang ada. “Jadi yang diaudit itu bukan individu atau oknum yang mengkoordinir unit kerja, tetapi kita mengaudit sistemnya. Sekali lagi sistemnya, bukan orangnya yang diaudit”, tegas Ketua STAINU Purworejo itu.

Pada kesempatan Bimtek tersebut, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STAINU Purworejo, Dhiya Ayu Tsamrotul I, M.Pd., menyampaikan tentang pentingnya kegiatan audit mutu internal ini. “Selain karena kita akan menghadapi Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), di sisi lain kita juga harus bersama-sama mulai berbenah untuk mengelola STAINU Purworejo agar tersistem dalam segala hal,” katanya.

“Ibarat bangunan, kita ini sudah sangat tua, maka kita cari mana saja material-material yang sekiranya perlu direnovasi, dan mana saja yang masih bisa dipakai. Nah, di sinilah tujuan dari AMI itu sendiri. Yakni merenovasi bangunan yang sudah tua, agar terlihat muda sekaligus energik, mampu bersaing sesuai era dan tantangan zaman,” ujar Ketua LPM tersebut.

Adanya Bimtek Audit Mutu Internal ini diharapkan nanti para tim auditor mampu melaksanakan tugasnya selayaknya auditor yaitu secara kredibel, akuntabel, obyektif dan argumentatif. Sehingga mampu menemukan masalah-masalah manajemen sekaligus memberikan advice yang tepat dan mengurainya, kemudian menjadi rekomendasi untuk kebijakan dan program. Melalui terciptanya budaya AMI ini, niscaya STAINU Purworejo mampu menjadi Perguruan Tinggi NU yang unggul di Jawa Tengah pada tahun 2025 mendatang, karena telah berhasil mengimplementasikan Good University Governance.

 

 

Kontributor: Abdul Aziz

Stainu Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Yang Unggul Dan Terkemuka Dalam Integrasi Keilmuan Yang Berwawasan Global
© 2020 Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Follow STAINU PURWOREJO: Facebook Twitter Linked Youtube