header-int

Siap KKN di Tengah New Normal, STAINU Purworejo Gelar Pembekalan

Rabu, 16 Des 2020, 10:55:24 WIB - 33 View
Share
Siap KKN di Tengah New Normal, STAINU Purworejo Gelar Pembekalan

Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Purworejo telah mengadakan Pembekalan KKN Tematik Dari Rumah (KKNT DR) tahun akademik 2020/2021 dengan tema "Bersama Mewujudkan Desa Pintar di Era Digital" yang diikuti oleh 60 mahasiswa pada Kamis, 10 Desember 2020.

Salah satu syarat mahasiswa yang boleh mengikuti KKN DR yaitu minimal sudah menempuh 100 SKS (Satuan Kredit Semester) dan telah lulus mata kuliah Ke-NU-an. KKN DR dibagi menjadi 9 kelompok dengan nama kelompok nya yaitu mengambil nama Walisongo.

Acara tersebut dimulai pukul 09.00 WIB di Auditorium STAINU Purworejo dengan sambutan pertama dari Ketua Panitia, Saifuddin Zuhri, Lc. M.A. Ia menyampaikan tahapan, tata cara, serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa selama proses KKN DR di desanya masing-masing. Menurutnya, masa pandemi Covid-19 tidak menghalangi adanya KKN DR.

"Salah satu cara mensiasatinya yaitu KKN dilakukan di desanya masing-masing dan dari rumah secara online melalui aplikasi seperti Zoom, Google Meet, WhatsApp Grup dan lain-lain", katanya.

Sambutan kedua oleh Aniqoh, Lc. M.Th.I. selaku Waket III bidang Kemahasiswaan yang dalam hal ini mewakili Ketua STAINU Purworejo, Bapak Mahmud Nasir, S.Fil.I. M.Hum yang tidak bisa hadir dalam acara pembekalan KKN DR tahun 2020/2021. Ia menyampaikan motivasi agar mahasiswa KKN DR tetap semangat dan mengingatkan agar mentaati protokol kesehatan yang ada.

Acara inti yaitu penyampaian materi pembekalan KKN DR yang dilaksanakan melalui 3 sesi. Sesi pertama mengenai bidang Pemerintahan yang disampaikan oleh Bapak Anas Naryadi, S.H, M.M selaku Dispermades Purworejo. Sesi kedua mengenai bidang Informasi dan Teknologi yang disampaikan oleh Bapak Sapta Agus Fitri Yanto, S.E, M.M selaku Kaprodi administrasi bisnis POLSA (Politeknik Sawunggalih Aji) Kutoarjo, Staff pengajar kewirausahaan, E-Commerce, Desain Grafis Bisnis dan Desain Web. Sesi ketiga mengenai bidang kependidikan yang disampaikan oleh Bapak Dr. H. M. Djamal, M.Pd selaku Ketua Senat STAINU Purworejo.

Sementara itu, salah satu mahasiswa peserta KKN DR, Wahid Nurdiansyah mengatakan, meskipun di Kabupaten Purworejo kasus Covid-19 belum berakhir, hal itu tidak menghalangi semangat kami untuk melaksanakan KKN meskipun dengan Via Daring. "Meskipun KKN dilakukan Via Daring di desa masing-masing, hal tersebut tidak menghalangi semangat kami untuk mengimplementasikan apa yang telah kami dapat selama 6 semester ini kepada masyarakat", tandasnya.

Acara selesai sekitar pukul 15.00 WIB. Selanjutnya DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) melakukan diskusi bersama mahasiswa masing-masing sesuai dengan kelompoknya. DPL memberikan arahan, tata cara, gambaran kegiatan dan lain sebagainya. Rencananya KKN DR STAINU Purworejo tahun akademik 2020/2021 akan dilaksanakan mulai tanggal 17 Desember 2021 s/d 21 Januari 2021. (Humas dan Publikasi)

 

#tresnostainupurworejo

#majubersamastainu

Stainu Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Yang Unggul Dan Terkemuka Dalam Integrasi Keilmuan Yang Berwawasan Global
© 2021 Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Follow STAINU PURWOREJO: Facebook Twitter Linked Youtube