header-int

Tingkatkan Mutu, STAINU Purworejo Adakan Audit Mutu Internal

Jumat, 11 Sep 2020, 12:42:51 WIB - 30 View
Share
Tingkatkan Mutu, STAINU Purworejo Adakan Audit Mutu Internal

Purworejo – Perguruan Tinggi yang bermutu dapat dilihat dari segi tata kelola atau sistem manajemen penyelenggaraan Tri Dharma yang berjalan di kampus tersebut. Tata kelola universitas yang baik (Good University Governance) mencerminkan kesuksesan kampus hingga menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan siap bersaing dalam kondisi, situasi dan era apa pun. Untuk itu, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STAINU Purworejo mengadakan Audit Mutu Internal (AMI) dengan tema “Meneguhkan Good University Governance dalam rangka Menuju Perguruan Tinggi NU yang Unggul di Jawa Tengah tahun 2025”, pada Kamis, 3 September 2020. Acara ini dihadiri oleh para pimpinan STAINU Purworejo, jajaran unit kerja dan Yayasan.

Dalam acara pembukaan Audit Mutu Internal tersebut, Dhiya Ayu Tsamrotul I, M.Pd., selaku Ketua LPM, menyampaikan bahwa AMI ini bertujuan untuk menguji, apakah pelaksanaan kegiatan di STAINU Purworejo ini sesuai dengan prosedur dan standar perencanaan atau tidak. Lebih dari itu hasil dari AMI ini akan terlihat program apa dan mana saja yang telah maupun belum tercapai. “Pelaksanaan Audit Mutu Internal bagi Perguruan Tinggi memiliki alasan yuridis yang jelas, misalnya dalam Pasal 52 Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi disebutkan, bahwa Penjaminan mutu dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar pendidikan tinggi (PPEPP). Nah, pada AMI kali ini kita memasuki siklus ke tiga yaitu evaluasi,” katanya.,

“Harapan dari terlaksanakannya AMI ini adalah agar sistem manajerial akademik dan non akademik di STAINU Purworejo dapat berjalan sesuai prosedur sistem penjaminan mutu perguruan tinggi. Sehingga dalam menghadapi akreditasi baik APS/APT tidak lagi kerja musiman, yang menyita waktu, tenaga dan pikiran,” ujar Ketua LPM tersebut.

Sementara itu, dalam kesempatan sambutannya Mahmud Nasir, S.Fil.I., M.Hum., selaku Ketua STAINU Purworejo, mengapresiasi kegiatan Audit Mutu Internal yang diselenggarakan LPM ini. “Kegiatan AMI ini adalah wujud riil bahwa STAINU Purworejo juga melaksanakan SPMI sesuai siklus PPEPP dalam rangka menjamin mutu kampus,” katanya. Selanjutnya ia juga mengatakan bahwa audit internal ini tujuannya adalah mengaudit sistem, bukan mengaudit individu.

“Saya sangat berharap adanya audit mutu internal ini nantinya mampu menemukan permasalahan yang ada, buka sekedar mencari masalah yang ada. Maka melalui AMI ini semoga STAINU Purworejo ke depan dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat tersistem dengan baik, sehingga dapat menjadi kampus NU yang unggul baik dalam skala regional hingga nasional,” ujar Ketua STAINU Purworejo tersebut. Audit Mutu Internal ini diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 3 sampai dengan 4 September 2020 dengan harapan STAINU Purworejo ke depan menjadi perguruan tinggi NU yang unggul di Jawa Tengah pada tahun 2025.

 

Kontributor: Abdul Aziz

Stainu Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Yang Unggul Dan Terkemuka Dalam Integrasi Keilmuan Yang Berwawasan Global
© 2020 Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Follow STAINU PURWOREJO: Facebook Twitter Linked Youtube