SEKILAS INFO
Jumat, 14 Jun 2024
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || TELAH DIBUKA!! GELOMBANG I PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A. 2024/2025 (JANUARI - APRIL 2024

KKN Kelompok 5 STAINU Purworejo di Desa Salam Mengadakan Lomba Tumpeng Nusantara

Diterbitkan : - Kategori : berita / Kegiatan

Pada Minggu, 31 Desember 2023 KKN STAINU Purworejo yang berlokasi di Desa Salam Kecamatan Gebang mengadakan Lomba Tumpeng Nusantara. Kegiatan tersebut diadakan di SD Negeri Salam. Lomba ini diikuti oleh semua kelompok Dasa Wisma se Desa Salam dengan jumlah 12 kelompok, yaitu Dawis Kenanga, Kemuning, Bougenvil, Wijaya, Flamboyan, Alamanda, Nusa Indah, Melati, Anggrek, Dahlia, Aster, dan Dawis Mawar.

Lomba ini merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Desa Salam. Dengan melihat filosofi dari tumpeng yaitu ada kaitannya dengan perwujudan nilai toleransi, keikhlasan, kebesaran jiwa, dan kekaguman atas kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Jika diperhatikan, bentuk tumpeng yang mengerucut dan dikelilingi lauk-pauk serta sayuran menggambarkan simbol ekosistem kehidupan.

Sementara itu, bentuk nasi yang mengerucut dan menjulang tinggi melambangkan keagungan Tuhan Sang Maha Pencipta. Aneka lauk pauk dan sayuran di sekeliling nasi menjadi simbol isi alam.

Selain itu, warna nasi tumpeng yang didominasi oleh warna kuning dan putih, kedunya punya makna yang berbeda pula. Warna putih pada nasi tumpeng melambangkan kesucian, sedangkan warna kuning lebih pada kekayaan dan moral yang luhur.

Dengan hal tersebut, diharapkan semoga warga desa salam dengan berbagai macam komunitas agama, budaya, dan tradisi yang berbeda – beda, kehidupan bermasyarakatnya akan lebih baik, kompak, tingkat toleransi yang tinggi, serta selalu bersyukur dengan hasil alam yang melimpah di Desa Salam.

Kegiatan berjalan dengan lancar dengan perolehan hasil kejuaraan pertama oleh Dawis Anggrek, juara 2 Dawis Melati, dan juara 3 Dawis Nusa Indah. (Siti Khusniyati)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar