SEKILAS INFO
Jumat, 14 Jun 2024
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || TELAH DIBUKA!! GELOMBANG I PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A. 2024/2025 (JANUARI - APRIL 2024

STAINU Purworejo Ikuti Konferensi Karya Ilmiah di Universiti Sains Islam Malaysia bersama 26 PTKIS Jawa Tengah

Diterbitkan : - Kategori : berita

Sebanyak empat puluh delapan orang Pimpinan dari dua puluh enam Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (FPTKIS) Jawa Tengah bertolak ke Malaysia Dalam acara tersebut Ketua STAINU Purworejo Mahmud Nasir, S.Fil,I, M.Hum ikut berpartisipasi menghadiri dan ikut serta mempersentasikan terkait kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tema dan tajuk acara tersebut yaitu International Confrence “Education for Superior Cultural Transformation in the Indonesian Context”

 

Rangkaian kegiatan tersebut berlangsung di dua tempat yaitu Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) dan Universitas Sultan Zainal Abidin (UNISZA) Trengganu Malaysia.

Rombongan akan berada di Malaysia selama lima hari kedepan dari 16 Maret 2023 hingga 20 Maret 2023. Rombongan bertolak pada Kamis pagi, 16 Maret 2023 pukul 07:00 WIB dari Bandara International Airport Yogyakarta (YIA).

Keterlibatan puluhan Perguruan Tinggi serta para pimpinan ini atas Inisiasi Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (FPTKIS) Kopertais X Jawa Tengah. Ketua STAINU Purworejo menyampaikan “kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas literasi agama sebagai sumber nilai yang mampu membimbing umat manusia mencapai kebenaran yang tidak mungkin dicapaiakal pikiran yang terbatas. Mengapa ilmu pengetahuan membutuhkan  agama karena tanpa agama ilmu pengetahuan tidak akan mampu menembus kebenaran metafisik. Sebaliknya agama tanpa ilmu pengetahuan menjadi lumpuh dan tidak berdaya karena untuk mengamalkan ajaran agama harus dengan ilmu. Di sinilah pentingnya literasi sains dibandingkan dengan literasi agama agar manusia dapat hidup seimbang antara aspek jasmaniah dan ruhaniah antara dimensi material dan spiritual sehingga tidak lepas dan kodrat dan fitrah manusia sebagai makhluk monodhiallis.

Foto: Presentasi Ketua STAINU Purworejo

Forum Perguruan Tinggi ini diketuai oleh Dr H. Tantowi, Msi menggandeng International Office STIT Pemalang sebagai tim panitia penyelenggara bersama University Sains Islam Malaysia (USIM) dan University Sultan Zainal Abidin Trengganu Malaysia.

Pada kesempatan ini turut membersamai Dr. Ruswan Thoyib selaku sekretaris Koordinator Perguruan Tinggi Islam (KOPERTAIS) X Jawa Tengah.

Menurut Tantowi event ini untuk kepentingan bersama, guna meningkatkan mutu Perguruan Tinggi dibawah naungan Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (KOPERTAIS) X Jawa Tengah dan kita punya wadahnya forum FPTKIS.

Dengan kolaborasi ini diharapkan dapat mencapai kemajuan bersama terutama kampus-kampus Islam di Jawa Tengah.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar