SEKILAS INFO
Jumat, 12 Jul 2024
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || TELAH DIBUKA!! GELOMBANG I PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A. 2024/2025 (JANUARI - APRIL 2024

STAINU Purworejo Peringati Hari Lahir Dengan Ziarah Muasis Ke Makam Mbah Imam Puro

Diterbitkan : - Kategori : berita

Pada hari Rabu, tanggal 6 Maret 2024, STAINU Purworejo menggelar acara ziarah muasis sebagai bagian dari peringatan hari lahir kampus. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB dengan tujuan mengunjungi makam Mbah Imam Puro, sosok ulama yang namanya diabadikan sebagai nama pertama STAINU Purworejo, yaitu Perguruan Tinggi Agama Islam Imam Puro (PTII).

Mbah Imam Puro, sebagai tokoh yang berjasa dalam pendidikan dan pengembangan keilmuan Islam di Purworejo, menjadi simbol penting dalam sejarah berdirinya STAINU Purworejo. Perguruan tinggi ini didirikan pada tanggal 6 Maret 1974 sebagai bentuk penghormatan dan dedikasi terhadap ajaran dan kontribusi beliau dalam mengembangkan pendidikan Islam di wilayah tersebut.

Kegiatan ziarah muasis ini menjadi momen yang sangat berarti bagi civitas akademika STAINU Purworejo untuk mengenang perjuangan dan warisan keilmuan yang telah ditinggalkan oleh pendahulunya. Selama acara, para peserta ziarah melaksanakan pembacaan tahlil dan do’a bersama, serta mengenang peran pentingnya dalam sejarah pendidikan Islam di daerah Purworejo.

Para mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan STAINU Purworejo turut serta dalam kegiatan ini dengan penuh kekhusyukan dan rasa syukur. Ziarah muasis menjadi kesempatan bagi mereka untuk merefleksikan nilai-nilai keagamaan dan keilmuan yang menjadi landasan pendidikan di kampus tersebut.

Ketua STAINU Purworejo menyampaikan bahwa kegiatan ziarah muasis ini bukan hanya sebagai ritual formal, tetapi juga sebagai wujud penghargaan dan komitmen terhadap warisan intelektual dan spiritual yang ditinggalkan oleh pendiri kampus.

Melalui ziarah muasis ini, STAINU Purworejo mengukuhkan komitmen mereka untuk terus meneruskan perjuangan pendidikan Islam yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman.

Demikianlah, ziarah muasis menjadi bagian yang tak terpisahkan dari rangkaian perayaan hari lahir STAINU Purworejo, sebagai penghormatan kepada sejarah dan tradisi yang telah membentuk identitas kampus tersebut.

@imam_fari_sasongko