SEKILAS INFO
Sabtu, 21 Mei 2022
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2022/2023 GELOMBANG I SUDAH DIBUKA 31 JANUARI 2022

Telah Selesai, Tahapan Seleksi Pelamar Calon Dosen Tetap STAINU Purworejo Tahun 2022

Diterbitkan : - Kategori : Pendidikan

Purworejo, STAINU Purworejo — STAINU Purworejo telah selesai menyelenggarakan tahapan seleksi rekrutmen dosen dengan tujuan untuk memenuhi kekosongan tenaga pengajar sesuai bidang keahlian dan kompetensinya. Sebanyak 20 orang dinyatakan lolos tahapan seleksi administrasi sebagai calon dosen tetap STAINU Purworejo. Berdasarkan proses seleksi administrasi yang ketat dan penilaian saksama oleh pihak kampus STAINU Purworejo.

Waktu pelaksanaan rekrutmen dosen STAINU Purworejo bertempat di kampus utama Jl. Pahlawan No.07, Rw. I, Kliwonan, Kec. Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dengan jadwal pelaksanaan diantaranya 18- 22 Januari 2022 penerimaan berkas, 27 Januari 2022 pengumuman lolos berkas, 29 Januari 2022 seleksi wawancara dan praktek mengajar oleh pimpinan STAINU Purworejo, dan 2 Februari 2022 telah ditambahkan seleksi wawancara oleh BPP STAINU Purworejo.

Ungkapan dari Mahmud Nasir S.Fil.I. M.Hum selaku Ketua STAINU Purworejo menjelaskan, “Jumlah pelamar sebanyak 59 orang yang lolos seleksi administrasi 20 orang, tetapi yang diambil sampai tahap akhir hanya 3 orang ditambah 1 orang, karena para pelamar sangat luar biasa mulai dari segi background dan juga latar belakang pendidikan”, jelasnya.

STAINU Purworejo menetapkan sejumlah persyaratan berupa kompetensi dan kualifikasi unggul yang wajib dimiliki oleh pelamar. Persyaratan tersebut di antaranya, kualifikasi Pendidikan Dasar dan Bahasa Indonesia, yang diperbolehkan dengan proses penyelesaian studi S3, berusia maksimal 45 tahun, bersedia untuk menjadi dosen tetap yang ber-NIDN, memiliki pengalaman mengajar, memiliki hasil karya ilmiah yang sudah terpublikasi, bersedia mengikuti tes wawancara, bersedia mengikuti semua tahap seleksi, menyiapkan rancangan pembelajaran yang dilanjutkan dengan praktek mengajar.

Ketua panitia penyelenggara Prawidya Lestari, M. Pd.I menjelaskan, “Bawasannya STAINU Purworejo membutuhkan 3 kualifikasi diantaranya, kualifikasi pendidikan Bahasa Indonesia, kualifikasi Pendidikan Dasar, dan kualifikasi Pendidikan Islam. Sekaligus pelaksanaan rekrutmen ini dikarenakan akan adanya program studi baru di STAINU Purworejo, sehingga dibutuhkan tenaga pendidik yang mencukupi”, ucapnya.

Setiap pelamar kemudian mengikuti beberapa tahap seleksi. Mulai dari seleksi administrasi, seleksi Micro Teaching dan wawancara oleh pimpinan perguruan tinggi hingga program studi, hingga tahap wawancara akhir oleh pimpinan BPP STAINU Purworejo.

Seleksi kemampuan Micro Teaching diperlukan untuk mengetahui apakah pelamar bisa memenuhi tugas dasarnya sebagai dosen, yaitu melakukan tridarma. Pelamar  juga wajib menguasai kemampuan dasar sebagai seorang pengajar. Oleh karena itu, kandidat harus mengikuti evaluasi untuk memotret kemampuan mengajar, baik dari segi substansi maupun metodologi.

“Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi ini diharapkan mampu mewujudkan tujuan awal dari proses rekrutmen dosen dan memperoleh sumber daya manusia baru yang berkualitas serta mampu menjadi akselerator untuk meningkatkan rekognisi akademik di tingkat nasional dan internasional”, imbuh Nasir untuk harapannya kedepan.

(Siti M, Isa)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Post Terkait