SEKILAS INFO
Sabtu, 21 Mei 2022
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2022/2023 GELOMBANG I SUDAH DIBUKA 31 JANUARI 2022

Praktik Kewirausahaan, Mahasiswa PGMI STAINU Purworejo Mempromosikan Jajanan Tradisional

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Purworejo, STAINU Purworejo — Dalam rangka menumbuhkan jiwa kewirausahaan, mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdatul Ulama (STAINU) melakukan Praktik Kewirausahaan di Alun-alun Kemiri, Purworejo, Jawa Tengah. Untuk melatih kemampuan wirausaha tersebut, mahasiswa dari Prodi PGMI Semester 3 STAINU Purworejo mengadakan praktik kewirausahaan dengan menawarkan produk makanan yang berlangsung di Alun-alun Kemiri, Purworejo (Minggu, 23/01/2022). Praktik Kewirausahan ini merupakan kegiatan praktek untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan. Selain untuk tugas kuliah, praktek ini menjadi ajang untuk mempromosikan produk utamanya jajanan pasar. Karena masyarakat Indonesia sekarang pada umumnya mulai melupakan jajanan tradisional karena kalah dengan makanan modern.

Dosen pengampu Yulianto, M.Sn  mengatakan, “Kegiatan ini merupakan bagian dari materi perkuliahan kewirausahaan yang telah dipahami oleh mahasiswa/i dalam kelas untuk kemudian di implementasikan secara langsung melalui kegiatan pasar dagang. Selain mendapat teori di ruang kelas.”

Dalam hal ini, mahasiswa juga diminta untuk praktik bagaimana membuat produk yang inovatif, kreatif, serta halal sampai dengan memasarkannya ke konsumen. Ada berbagai jenis produk dari kelompok kami, diantaranya yaitu: Kue Putu Ayu, Slondok Magelang, risol, dan martabak rebung. Dimana sebelumnya para kelompok telah mempresentasikan hasil usahanya yang berbentuk proposal yang berisi cara pembuatan produk beserta iklan yang telah dibuat.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk aplikasi ilmu Kewirausahaan serta lanjutan dari materi sebelum perkuliahannya. Sebab, berwirausaha itu tidak hanya menghasilkan produk saja, tetapi juga terdapat ilmu ilmu lain di dalamnya. Jika seseorang sudah memulai sebagai enterpreneur maka yang wajib dikuasai selanjutnya adalah Ilmu Manajemen, Strategi Bisnis, Analisis pasar, Ekonomi dan sebagainya.” jelas Riza Fedriani.

   

Selanjutnya, “Untuk semester ini kami telah menyelesaikan tugas kelompok kami, dari kegiatan sebelumnya yang telah dimulai dengan memperkenalkan produk dari tempat tinggal setiap individu yang dibuat dalam bentuk laporan individu.” Ujar Dewi selaku mahasiswa yang mengikuti praktik wirausaha.

Kami berharap walaupun mata kuliah kewirausahaan berakhir, teman-teman tetap bersemangat untuk terus berkarya dan berinovasi menciptakan Produk baru, menciptakan Brand/Merk sendiri dan lapangan pekerjaan baru dalam berwirausaha untuk menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Dengan adanya mata kuliah Kewirausahaan teman-teman mempunyai bekal untuk membuka usaha, mencari peluang, mampu menghadapi pasar bebas dan mampu bersaing di dunia usaha setelah lulus kuliah. Kami juga berterima kasih kepada bapak Yulianto yang telah membimbing kami dari awal sampai akhir praktek dan  memberikan kesempatan untuk mahasiswa melakukan kegiatan kewirausahaan ini.

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar