SEKILAS INFO
Sabtu, 21 Mei 2022
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2022/2023 GELOMBANG I SUDAH DIBUKA 31 JANUARI 2022

DOSEN PRODI PAI MENGADAKAN PELATIHAN APLIKASI MENDELEY, POP, DAN VOSVIEWER

Diterbitkan : - Kategori : PAI

Purworejo, STAINU Purworejo — Para Dosen Homebase Prodi PAI STAINU Purworejo mengadakan pelatihan aplikasi Mendeley, POP, dan VOSviewer yang diadakan oleh Prodi PAI pada hari Kamis, (12/02/2022) bertempat di ruang rapat STAINU Purworejo. Acara tersebut berlangsung dari Kamis pagi (10/02/2022) dari pukul 10.00 WIB s/d pukul 16.00 WIB. Acara tersebut diinisiasi oleh Kaprodi PAI STAINU Purworejo, Ibu Siti Khusniyati Sururiyah, M.Pd.I.

Kegiatan pelatihan tersebut merupakan langkah strategis dari para dosen Prodi PAI STAINU Purworejo untuk terus belajar dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi di era 5.0.  Dosen homebase Prodi PAI STAINU Purworejo yang rata-rata adalah dosen yang sudah lama mengabdi di STAINU Purworejo pun berusaha untuk menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi, sehingga mereka sangat antusias untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini.

Apalagi penelitian merupakan suatu kewajiban dosen dari salah satu kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga sudah menjadi keharusan untuk mengupdate informasi sesuai perkembangan yang ada. Kegiatan pelatihan 3 aplikasi pendukung referensi jurnal artikel ilmiah ini diisi oleh 2 narasumber dari Internal STAINU Purworejo, yakni Bapak Najanuddin, M.Pd (selaku sekretaris LP3M) dan Bapak Abdul Aziz, S.Ag, M.Pd (selaku sekretaris LPM) yang memang telah malang melintang di dunia jurnalistik dan kepenulisan artikel ilmiah.

Para dosen yang berhomebase Prodi PAI STAINU Purworejo mayoritas adalah para pimpinan yang menduduki jabatan strategis di STAINU Purworejo. Oleh sebab itulah, melalui kegiatan ini juga diberikan tips dari para narasumber tentang pentingnya memilih waktu yang tepat dan strategis untuk mulai menulis artikel ilmiah kembali, di tengah-tengah kesibukannya mereka mengelola manajemen institusi maupun Prodi di STAINU Purworejo.

“Kegiatan pelatihan aplikasi terbaru tentang rujukan referensi artikel ilmiah jurnal ini merupakan langkah yang tepat dari Prodi PAI untuk meningkatkan kembali minat menulis dari para dosen khususnya yang berhomebase Prodi PAI di STAINU Purworejo, yang sedikit kesulitan meluangkan waktu untuk mulai menulis dikarenakan kesibukan dari amanah jabatan yang diembannya”, ungkap Siti Khusniyati Sururiyah, M.Pd.I

Kemudian beliau juga menambahkan terkait keinginanya dalam rangka mempersiapkan akreditasi Prodi (APS) PAI mendatang, Prodi PAI berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan predikat “sangat baik”. Oleh sebab itulah, Prodi PAI mulai menyemangati kembali para dosennya untuk aktif berperan serta dalam aktifitas akademik menghasilkan artikel ilmiah penelitian maupun PkM, agar bobot dari borang akreditasi dapat lebih dimaksimalkan sesuai harapan semua pihak.

Sementara itu menurut penuturan salah satu narasumber, yakni Bapak Najanuddin, M.Pd, pentingnya bagi para dosen untuk membiasakan diri menulis artikel ilmiah harus diawali dengan target menulis 1 hari 1 halaman. Sehingga diharapkan dalam 1 bulan sudah terkumpul 30 halaman tulisan 1 artikel ilmiah yang siap dikirim ke jurnal ilmiah.

“Menulis untuk perdana itu memang sulit, jadi harus dipaksa dan dilatih, minimal 1 hari menulis 1 halaman, maka lama-lama akan terbiasa menulis dan akan menjadi kebiasaan yang positif. Jika sudah menjadi kebiasaan, maka aktifitas menulis akan menjadi suatu kewajiban bagi dirinya, atau bahkan menulis sebagai hiburan bagi dirinya, sehingga jika dalam 1 bulan tidak menghasilkan tulisan sama sekali, maka seperti ada yang kurang dalam dirinya”, jelas Bapak Najanuddin, M.Pd.

Adapun menurut penuturan dari narasumber yang lain, yakni Bapak Abdul Aziz, S.Ag, M.Pd, menullis artikel ilmiah yang ternilai sebagai penelitian akan sangat berpengaruh dalam menambah angka kredit dosen dalam Pengsusulan PAK. Apalagi di zaman sekarang, pengusulan angka kredit (PAK) dosen sangat mudah, dengan syarat dosen memiliki karya artikel ilmiah baik yang terindeks di Scopus, maupun di Sinta (maksimal Sinta 6).

“Semakin banyak karya yang tersitasi di jurnal terindeks Scopus maupun Sinta, maka kesempatan para dosen untuk meningkatkan usulan jabatan fungsional “Lektor Kepala” atau “Guru Besar”, menjadi sesuatu hal yang terbuka lebar dan dapat diraih oleh siapapun”, ungkap Bapak Abdul Aziz, S.Ag, M.Pd.

Di akhir kegiatan pelatihan ini, Kaprodi PAI, Ibu Siti Khsuniyati Sururiyah, M.Pd.I meminta semua dosen yang ada di homebase Prodi PAI untuk segera menyusun target menulis minimal 1 artikel ilmiah dalam 1 semester, agar budaya literasi dapat hidup kembali sebagai suatu pembiasaan yang positif.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar