SEKILAS INFO
Sabtu, 21 Mei 2022
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2022/2023 GELOMBANG I SUDAH DIBUKA 31 JANUARI 2022

Kaprodi PAI STAINU Purworejo Masuk Dalam Jajaran Pengurus PPPAI Indonesia

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / PAI

Purworejo, STAINU Purworejo — Kegiatan Musyawarah Nasional (MUNAS) Perkumpulan Prodi PAI Indonesia dan Annual Conference (ACIRE)  telah sukses diselenggarakan di Yogyakarta selama 3 hari, yakni pada tanggal 23-25 Februari 2022 yang bertempat di Mercure Grand Hotel, Yogyakarta. Selain ada kegiatan Seminar nasional maupun Presentasi Artikel dari para peserta yang terdiri dari para Kaprodi dan Sekprodi PAI dari perwakilan yang tersebar di wilayah Indonesia, juga menjadi ajang pemilihan pengurus PPPAI Indonesia yang baru.

Kegiatan tersebut dilaksanakan, mengingat dalam kepengurusan PPPAI sebelumnya telah berakhir masa jabatannya, sehingga perlu untuk dilanjutkan dengan memilih kepengurusan baru untuk meneruskan program kerja dari kepengurusan sebelumnya. Di malam Kamis, 23 Februari 2022, kegiatan Munas PPPAI Indonesia diawali dengan laporan panitia penyelenggara, yakni Dr. Karwadi, M.Ag dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Menurut data dari BAN PT bahwa Prodi PAI seluruh Indonesia berjumlah 616 Prodi. Adapun untuk kuota yang kami sediakan dalam kegiatan MUNAS PPPAI Indonesia dan ACIRE 2022 yang diselenggarakan di Yogyakarta ini adalah sebanyak 200 kuota peserta. Adapun peserta yang hadir sebanyak 125 orang peserta, yang berasal dari 68 PTN maupun PTS yang tersebar dari seluruh penjuru wilayah Indonesia. Tentunya menjadi kebanggaan kami selaku panitia penyelenggara, bahwa kehadiran peserta MUNAS PPPAI telah terwakili dari semua Pulau di Indonesia, seperti: peserta dari Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, NTB, NTT, Ternate, Maluku, bahkan dari Papua, tutur Dr. Karwadi, M.Ag

Selanjutnya dilanjutkan dengan Sambutan dari Sekjen PPPAI Indonesia yakni Dr. Sumarno, M.Ag, yang mewakili dari Ketua Umum PPPAI Indonesia Demisioner yang telah meninggal dunia pada tahun 2021 silam yakni Dr. H. Abdul Majid Khon, M.Ag dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kami mewakili dari jajaran Kepengurusan PPPAI Indonesia Demisioner mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Pengurus dan para anggota yang telah mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk kemajuan Asosiasi Prodi PAI Indonesia. Selanjutnya untuk regenerasi dan melanjutkan estafet kepemimpinan dari masa depan nasib dari Prodi PAI Indonesia, maka sangat penting untuk dibentuk kepengurusan PPPAI Indonesia yang baru, agar dapat bekerja dengan lebih maksimal untuk pengembangan program kerja demi kemajuan dari Asosiasi Prodi PAI kita tercinta ini. Tak lupa kami mengucapkan selamat kepada Dr. Eva Latipah, M.Si dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang telah terpilih sebagai Ketua Umum PPPAI Indonesia Periode 2022-2026. Selamat mengemban amanah estafet Asosiasi prodi PAI Indonesia, dan semoga senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengembangkan Prodi PAI Indonesia untuk menghadapi tantangan perubahan di era 5.0 ini, tutur Dr. Sumarno, M.Ag.

Pemilihan formatur Kepengurusan PPPAI Indonesia telah dilaksanakan di bulan Januari 2022 melalui aplikasi google drive yang telah disediakan panitia, yang mana para anggota dari Asosiasi Prodi PAI se-Indonesia dapat memilih kandidat terbaiknya. Melalui pemilihan itulah, didapatkan suara terbanyak yang diperoleh Dr. Eva Latipah, M.Si dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Selanjutnya oleh tim panitia, dipilihlah Formatur Dewan Pengurus Harian PPPAI Indonesia Periode 2022-2026, yang susunannya sebagai berikut: Ketua Umum dijabat Dr. Eva Latipah, M.Si (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta); Ketua 1 dijabat Dr. Muhammad Zaini, MA (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungangung); Ketua 2 dijabat Dr. Fihris, M.Ag (UIN Walisongo, Semarang); Sekretaris Jenderal dijabat Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I ( IAIN Ponorogo); Sekretaris 1 dijabat Busahdiar, MA (Universitas Muhammadiyah Jakarta); Sekretaris 2 dijabat Reksiana, MA.Pd (IIQ Jakarta); Bendahara dijabat Indriyani Ma’rifah, M.Pd (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta); Bendahara 1 dijabat Dr. Mahariah, M.Ag (UIN Sumatera Utara, Medan); Bendahara 2 dijabat Nurul Azizah, S.Pd.I, M.Pd (UNWAHAS Semarang); Humas 1 dijabat Dr. Cecep Anwar, M.Ag (UIN Sunan Gunung Djati, Bandung); dan Humas 2 dijabat Guntur Cahyono, M.Pd (IAIN Salatiga).

Selanjutnya di malam ke-2 (kamis, 24 Februari 2022) disusunlah formatur lengkap Pengurus PPAI Indonesia Periode 2022-2026 yang terbagi menjadi 9 Departemen, yakni (1) Bidang Pendidikan dan Kurikulum; (2) Bidang Riset; (3) Bidang Magang dan Praktik Profesi; (4) Bidang Pengembangan Organisasi dan SDM; (5) Bidang Akreditasi dan Penjaminan Mutu; (6) Bidang Rekognisi dan PKM; (7) Koordinator Bidang Jurnal dan Publikasi; (8) Koordinator Bidang Kerjasama; (9) Koordinator Bidang Pendanaan.

Berdasarkan penyusunan formatur lengkap pengurus baru PPPAI Indonesia Periode 2022-2026 yang telah terbentuk, Kaprodi PAI STAINU Purworejo, Siti Khusniyati Sururiyah, M.Pd.I masuk sebagai anggota pada Departemen nomor 5, yakni Bidang Akreditasi dan Penjaminan Mutu.

Prodi PAI STAINU Purworejo yang merupakan salah satu kampus swasta di kabupaten Purworejo, telah terbukti eksis dengan mendapat undangan secara resmi dari panitia penyelenggara dalam acara MUNAS PPPAI Indonesia ke-2 tahun 2022 di Yogyakarta. Adapun untuk kegiatan sebelumnya, yakni tahun 2019 silam tepatnya pada MUNAS PPPAI Indonesia ke-1 di UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Prodi PAI STAINU Purworejo juga mendapatkan undangan perdana dari panitia PPPAI Indonesia untuk menghadirinya. Tentunya ini menjadi suatu kehormatan besar saya dalam mewakili Prodi PAI STAINU Purworejo di level nasional, yang insyaAllah akan membuka jalan saya dan teman-teman dosen Prodi PAI STAINU Purworejo dalam meningkatkan pengembangan Prodi PAI yang lebih baik dan maju kedepannya, tutur Siti Khusniyati Sururiyah, M.Pd.I

Kepengurusan PPPAI Indonesia Periode 2022-2026 pada Bidang Akreditasi dan Penjaminan Mutu terpilih 12 orang, yakni: (1) Koordinator dijabat Dr. Ermis Suryana, S.Ag, M.Pd.I (UIN Raden Fatah, Palembang); (2) Lety Febriyana, M.Pd.I (Universitas Muhammadiyah, Bengkulu); (3) Dr. Wawan Hermawan, M.Ag (UPI Bandung); (4) Siti Khusniyati Sururiyah, M.Pd.I (STAINU Purworejo); (5) Hairul Huda, M.Pd.I ( Universitas Muhammadiyah, Jember); (6) Muliatul Maghfiroh, M.Pd.I (IAIN Madura); (7) Dr. Hamam Burhanuddin, M.Pd.I ( UNU Sunan Giri, Bojonegoro); (8) Nur Afiah, S.Pd.I, M.Pd (IAI DDI, Polewali Mandar, Makassar); (9) Dr. Esi Hairani, M.Pd (IIQ Jakarta); (10) Darwis, M.Si (STAIN Majene, Sulawesi Barat); (11) Dr. Nurhayati, S.Ag, M.Pd.I ( Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah); (12) Dr. Siti Rokhmah, M.Pd (IAIN Fattahul Muluk, Papua).

Melalui masuknya kaprodi PAI STAINU Purworejo dalam kepengurusan PPPAI Indonesia, pada Bidang Akreditasi dan Penjaminan Mutu, merupakan suatu kesempatan baik untuk lebih intens berkolaborasi bersama Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STAINU Purworejo dalam rangka mengembangkan profesionalitas penataan manajemen Prodi PAI, khususnya untuk mempersiapkan akreditasi yang selanjutnya, serta peningkatan mutu kualitas dari Prodi PAI STAINU Purworejo sendiri. Harapannya di akreditasi selanjutnya, Prodi PAI STAINU Purworejo akan mendapatkan nilai akreditasi dengan predikat “Sangat Baik”.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar