SEKILAS INFO
Minggu, 04 Des 2022
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2022/2023 GELOMBANG I SUDAH DIBUKA 31 JANUARI 2022

Workshop Strategi Mendapatkan Hibah Penelitian Dan PKM Eksternal

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / PAI

Purworejo, STAINU Purworejo — Sabtu (26/02/2022) STAINU Purworejo telah menyelenggarakan Workshop Strategi Mendapatkan Hibah Penelitian Dan PKM Eksternal di Ruang Rapat STAINU Purworejo yang diadakan oleh Mahmud Nasir, S.Fil.I., M.Hum selaku Ketua STAINU Purworejo yang di ikuti oleh 12 Dosen dengan Narasumber Dr. Raden Mibtadin, S.Fil.I., M.S.I dari Surakarta.

“Penelitian ini dilakukan untuk membangun ekosistem penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan STAINU Purworejo jadi dengan acara tadi diharapkan seluruh civitas akademika STAINU Purworejo nanti mempunyai semangat dan motivasi untuk melakukan penelitian-penelitian eksternal. Tujuannya agar kita sebagai dosen bisa ikut berpartisipasi dalam hibah penelitian eksternal tidak hanya di lingkungan internal saja tujuannya agar ekosistem penelitian yang ada di STAINU Purworejo dan pengabdian masyarakat terus berkembang, maju dan mempunyai banyak karya-karya yang bisa dipublikasikan. “ ujar Najanuddin, M.Pd selaku Ketua LPPM STAINU Purworejo.

Sebagai moderator Workshop Abdul Aziz, S.Ag, M.Pd menjelaskan bahwa Penelitian itu sebenarnya bukan penelitian, tapi kita ingin mencari tahu bagaimana strategi mendapatkan dana penelitian atau hibah penelitian yang berasal dari luar instansi. Seperti ada yang dari Kemenag, Kemendikbud dan instansi-instansi atau lembaga yang di luar kampus itu sendiri.

“Tujuannya ada dua yang pertama untuk menjalin tali silaturahmi antara kita dengan beliau Dr. Raden Mibtadin, S.Fil.I., M.S.I yang saat ini menjabat sebagai Dosen Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, jadi kita ingin melakukan banmacking untuk membandingkan dan juga kita ingin mengetahui di kampus sana itu seperti apa dalam hal penelitian yang dilakukan oleh dosen dan yang kedua untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah maupun tips dan strategi mendapatkan dana hibah dari luar.” Tambah Abdul Aziz, S.Ag, M.Pd.

Beliau Dr. Raden Mibtadin, S.Fil.I., M.S.I aktif di dalam maupun di luar organisasi. Saat ini beliau menjabat menjadi Dosen Pascasarjana di UNS Surakarta, Dosen Luar Biasa di IAIN Surakarta dan Dosen Tetap Yayasan di IIM Surakarta. Beliau juga sebagai Koordinator Yayasan Pusat Studi Agama dan Perdamaian (PSAP) Surakarta. Beliau juga termasuk Pengurus PCNU Surakarta dan banyak lagi lembaga-lembaga lain yang beliau jabat saat ini. Beliau juga memiliki Karya Akademik sebanyak 25 salah satunya yaitu Kontributor pada buku ”Ketika Mekkah Menjadi Seperti Las Vegas: Agama, Politik, dan Ideologi [ed. Mirza Tirta Kusuma], Gramedia Pustaka Utama, 2014.

“Terbentuk tim riset di sini, tim yang mengelola sabbit jurnalnya atau artikel ilmiahnya sendiri atau yang mengelola pendanaan itu juga sendiri termasuk nanti linknya juga penting untuk diadakan. Terbentuk tim di STAINU Purworejo agar dosen-dosennya itu mudah dalam mencari maupun mempublikasikan hasil karya tulis ilmiahnya dan yang pasti harapannya dosen-dosen STAINU Purworejo di sini bisa kolaborasi dengan mahasiswa juga nantinya mungkin banyak melakukan penelitian, tadi juga banyak tema-tema penelitian yang di bahas terutama sosial keagamaan yang aktual yang saat ini banyak disorot terkait juga dengan era digital sekarang itu sangat banyak sekali sebenarnya masalah yang bisa diangkat kemudian kita jurnalkan.” Harapan Abdul Aziz, S.Ag, M.Pd selaku Moderator dalam Workshop tersebut.

Kegiatan ini diakhiri dengan memberikan kenang-kenangan dari STAINU Purworejo yang diserahkan oleh Mahmud Nasir, S.Fil.I., M.Hum selaku Ketua STAINU Purworejo kepada Dr. Raden Mibtadin, S.Fil.I., M.S.I selaku Narasumber dalam Workshop Strategi Mendapatkan Hibah Penelitian Dan PKM Eksternal. (Luluk/januar)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar