SEKILAS INFO
Minggu, 04 Des 2022
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2022/2023 GELOMBANG I SUDAH DIBUKA 31 JANUARI 2022

Talkshow Pojok Muda Literasi Media Bersama Suara Merdeka

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Purworejo, STAINU Purworejo — Senat Mahasiswa (SEMA) menjadi panitia dalam Talkshow Pojok Muda Literasi Media Bersama Suara Merdeka dengan Tema “Mendorong Generasi Milenial Berbudaya dan Melek Media” dengan narasumber Asef Amani (Wartawan Suara Merdeka) dan Edy Purnomo (Kepala Biro Suara Merdeka).

 

Talkshow Pojok Muda Literasi Media bersama Suara Merdeka ini digelar untuk tingkat Mahasiswa dan SMA/Sederajat dengan 3 agenda kegiatan, yaitu Pelatihan Jurnalistik, Praktek Pembuatan gagasan tulisan pemuda dan Penggunaan Media Sosial sebagai sarana tulis yang berkarakter. Talkshow dilaksanakan di Ruang Auditorium STAINU Purworejo (Sabtu, 12/03/2022).

 

Harapan Edy Purnomo selaku Ketua Biro Suara Merdeka Kedu dan Jogja, “ Terutama dengan diadakannya Talkshow seperti ini teman-teman bisa terbiasa belajar menulis kemudian rajin membaca agar bisa mengerti perkembangan setiap harinya dengan rajin menulis dan membaca terus berkampanye untuk menumbuhkan rasa keinginan membaca anak-anak di Indonesia terus meningkat”.

 

“Tujuannya agar teman-teman itu bisa menulis di koran terutama di suara merdeka maupun di beberapa karyanya agar kita bisa kita buat untuk di media kita”, tambah Edy Purnomo.

 

Talkshow diikuti oleh 40 Peserta dari kalangan Mahasiswa dan Siswa SMA/Sederajat. Talkshow ini melibatkan mahasiswa ataupun siswa karena mahasiswa dan siswa itu agen perubahan dimana tokoh penting dalam dunia digital. Dalam Talkshow Asef Amani menyampaikan bahwa media akan berubah seiring berkembangnya zaman, dulu media masih berupa koran sekarang sudah tergantikan dengan Facebook, Instagram dan Televisi.

 

“Talkshow Ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan Suara Merdeka dengan bergantian ada di Jogja, Magelang, Purworejo dan Wonosobo. Setiap tahunnya mengadakan acara literasi ini untuk menggairahkan jiwa-jiwa menulis anak muda sekarang karena banyak anak muda sekarang yang mungkin sering sekali merespon kayak konten-konten youtube maupun literasi di dunia digital tapi tidak tahu jejak digital yang lama atau sejarahnya, dengan adanya acara ini diharapkan untuk kita ketahui bahwa sejarah lama juga harus kita pelajari lagi, ketika bicara kita tidak hanya apa yang dekat dengan media yang sekarang dan tidak hanya tahu teknik menulis saja tapi juga harus tahu tentang sejarahnya seperti yang dijelaskan Pak Asef Amani tadi dia mengatakan bahwa saat itu penting untuk kita ketika bicara literasi itu juga bicara jejak medianya atau sejarahnya agar tulisan lisan kita itu semakin berkualitas tidak hanya semata-mata tulisan saja tapi juga memberikan informasi dan juga enak dibaca”, ungkap Aiena Rissa Fadlilatulail selaku Panitia dalam acara Talkshow Pojok Muda Literasi Media.

(Luluk/Januar)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar