SEKILAS INFO
Minggu, 05 Feb 2023
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || TELAH DIBUKA!! PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A. 2023/2024 GELOMBANG I (31 JANUARI - 30 APRIL 2023)

KETUA HMPS PIAUD STAINU PURWOREJO MENGIKUTI “EARLY CHILDHOOD, NEUROSCIENCE AND THE LIFE REVOLUTION”

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / PIAUD

Purworejo, STAINU Purworejo — Selasa, 20 Desember 2022 Perkumpulan Pendidikan Anak Usia Dini wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan The 2022 International Conference dengan tema “Contestation and Contextualization of Early Childhood Islmic Education in the Sosio-Cultural Soace”.

Konferensi ini dilaksanakan via zoom. Diikuti dari berbagai universitas di Indonesia. Salah satunya adalah Sekolah Tinggi Agama Islam NU Purworejo. Pemateri dalam konferensi ini terdiri dari 3 speaker. Yang pertama adalah Assoc. Prof. Dr. Suzani Muhammad Samuri dari Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia. Speaker kedua adalah Dr. Rohinah, S. Pd. I. M. A dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan yang ketiga ada Dr. Sumiyati, S. Pd. I., M. Pd. I dari Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati, Indonesia.

 

Ketua HMPS PIAUD STAINU Purworejo ikut sebagai salah satu Student Presenters. Mas Tri Wahyudi membawakan materi dengan judul “Anak Usia Dini, Neurosains dan Revolusi Kehidupan”. Inti dari materi yang ia sampaikan yaitu bahwa Anak Usia dini itu yang bekerja adalah alam bawah sadarnya, filter RASnya, utama usia 0-3 tahun, belum terbentuk sehingga ia sangat imajinatif. Itulah kenapa Albert Einstein pernah mengatakan bahwa “Bermain adalah bentuk tertinggi dari penelitian.”  Karena bermain di fase anak usia dini itu menggunakan metode berpikir kreatif dan imajinatif. Dan itu adalah fase berpikir paling tinggi, dari yang sebelumnya berpikir taktis dan berpikir metodologis.

 

“Kesan saya mengikuti acara Internasional Conference PPAUD kemarin sangat menyenangkan, disitu saya bisa sharing-sharing terkait ilmu pengetahuan tentang Pendidikan Anak Usia Dini serta banyak memberikan wawasan pengetahuan yang sebelumnya saya belum paham / ketahui jadi lebih mengerti bahkan sangat bermanfaat bagi saya dalam menempuh perkuliahan saat ini.” Ucap Mas Tri selaku ketua HMPS PIAUD STAINU Purworejo. Ia juga berpesan bahwa teruslah kita mencari ilmu karena ilmu sangat penting dalam kehidupan dan jangan sekali-kali bosan menimbah ilmu karena akan menjadikan kebodohan bagi diri kita sendiri.

 

Oleh : Siti Nur Cahyaningrum

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar