SEKILAS INFO
Jumat, 12 Jul 2024
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || TELAH DIBUKA!! GELOMBANG I PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A. 2024/2025 (JANUARI - APRIL 2024

Ini Dia 6 Program Inovatif Mahasiswa KKN STAINU Purworejo di Loning, No 4 Bikin Geger Warga Jateng

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

 

STAINU Purworejo – Mahasiswa Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAINU Purworejo menggebrak Desa Loning dengan sejumlah inovasi kreatif. Mulai dari Prasasti Pintar hingga E-Modul Pengelolaan Pokdarwis Religi, produk-produk ini tidak hanya menciptakan kenangan yang abadi tetapi juga mendukung pengembangan pariwisata religi di Desa Loning.

  1. Prasasti Pintar: Memperkenalkan Kehidupan dan Sejarah Tuan Guru Loning

Mahasiswa KKN STAINU Purworejo berhasil menciptakan Prasasti Pintar yang menjadi penanda sejarah dan biografi Tuan Guru Loning. Prasasti ini tidak hanya memberikan informasi mendalam tentang tokoh agama terkemuka ini tetapi juga memanfaatkan teknologi untuk memudahkan akses pembaca.

  1. Kaos Khas Berdesain Tuan Guru Loning: Inovasi UMKM dan Kenangan Wisata

Untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Loning, mahasiswa menciptakan Kaos Khas Berdesain Tuan Guru Loning. Kaos ini bukan hanya produk fashion, tetapi juga menjadi suvenir yang memadukan seni dan sejarah lokal.

  1. Gantungan Kunci Menarik Berdesain Wisata Edukasi Religi

Gantungan Kunci kreatif dengan desain Wisata Edukasi Religi Tuan Guru Loning menjadi produk unggulan lainnya. Produk ini tidak hanya berfungsi sebagai hiasan kunci tetapi juga sebagai medium promosi untuk destinasi wisata religi di Desa Loning.

  1. Air Kemasan dari Sumur Peninggalan Tuan Guru Loning

Program inovatif selanjutnya adalah menciptakan terobosan luar biasa di dunia pariwisata religi Jawa Tengah dengan mengemas Air Sumur Peninggalan Tuan Guru Loning dalam botol khusus yang bersih dan tersegel. Langkah berani ini menjadi perhatian utama, karena sebelumnya belum ada air sumur peninggalan para wali yang dikemas dengan standar tinggi seperti ini di kompleks wisata religi di wilayah tersebut. Botol baru dan tersegel digunakan untuk menjaga kebersihan dan keaslian isi, menjadikan produk ini unik dan menarik bagi para pengunjung, terutama para peziarah. Dalam waktu singkat, tepatnya 4 jam setelah diletakkan di kompleks wisata religi Tuan Guru Loning, air sumur kemasan ini ludes diborong oleh para pengunjung, menciptakan antusiasme besar. Keberhasilan produk ini juga dibarengi dengan dukungan positif dari masyarakat dan peziarah, yang terlihat dari penempatan kotak infaq guna mendukung pengembangan program air sumur kemasan ini. Dengan demikian, program inovatif ini tidak hanya menciptakan gebrakan baru dalam penawaran produk wisata religi, tetapi juga membuka peluang pengembangan dan perluasan destinasi wisata di wilayah Jawa Tengah.

  1. Blog Tuan Guru Loning: Menyebarkan Sejarah dan Kehidupan

Mahasiswa KKN juga menghadirkan Blog Tuan Guru Loning sebagai wadah daring untuk memperluas pengetahuan tentang sejarah dan kehidupan Tuan Guru Loning. Blog ini menjadi platform informatif yang dapat diakses oleh siapapun, dimanapun.

  1. E-Modul Pengelolaan Pokdarwis Religi: Panduan Praktis untuk Pengembangan Wisata

Dalam mendukung pengelolaan Pokdarwis Religi, mahasiswa menciptakan E-Modul sebagai panduan praktis. Modul ini memberikan informasi komprehensif dan langkah-langkah praktis bagi pengelola dan masyarakat setempat dalam mengembangkan wisata religi.

Inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa KKN STAINU Purworejo di Desa Loning bukan hanya menciptakan nilai tambah bagi masyarakat setempat tetapi juga membuka peluang pengembangan potensi pariwisata religi yang lebih besar. Dengan semangat inovatif mereka, Desa Loning menjadi destinasi wisata yang tak hanya indah secara alamiah tetapi juga kaya akan sejarah dan nilai-nilai keagamaan yang mendalam, serta akan berdampak pada peningkatan UMKM masyarakat Desa Loning.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar