SEKILAS INFO
Kamis, 13 Jun 2024
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || TELAH DIBUKA!! GELOMBANG I PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A. 2024/2025 (JANUARI - APRIL 2024

Mengenal Kearifan Lokal Budaya Purworejo Melalui Kesenian Kuda Lumping

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Purworejo, STAINU Purworejo — Dalam upaya meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap kebudayaan daerah, mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) semester 6  STAINU Purworejo melakukan observasi terkait kesenian yang ada di Kabupaten Purworejo, salah satunya Kuda Lumping. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk output dari mata kuliah Kearifan Budaya Purworejo yang diampu oleh bapak dosen Yulianto, M. Sn. Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Purworejo bersama Pokdarwis Jetis Manis menyelenggarakan acara lomba senam Poco-poco dengan hiburan Kuda Lumping Ringkes Mustika Ayu. Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Maret 2023 bertempat di Pantai Jetis, Purworejo.

Kesenian yang dipilih yaitu Kuda Lumping yang merupakan salah satu kesenian yang berasal dari tanah jawa. Selain memperkenalkan kesenian kuda lumping, dalam hal ini juga bekerjasama dengan Pokdarwis Jetis Manis untuk memperkenalkan wisata Pantai Jetis. Bapak Widodo selaku ketua Pokdarwis Jetis Manis menuturkan, “Dalam hal ini, kami bersinergi memajukan Pantai Jetis, memberikan informasi mengenai apa saja keunggulan dan destinasi wisata di Pantai Jetis”. Salah satu penonton juga berpendapat bahwa, “Acara ini bagus, karena melestarikan budaya jawa yaitu Kuda Lumping dan kesenian ini sangat digemari oleh masyarakat sekitar”.

 

Oleh : Dewi Kusumawati

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar