SEKILAS INFO
Kamis, 13 Jun 2024
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || TELAH DIBUKA!! GELOMBANG I PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A. 2024/2025 (JANUARI - APRIL 2024

National Guest Lecture STAINU Purworejo Tekankan Paradigma Kolaboratif sebagai Kunci Sukses Publikasi Karya Ilmiah

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / PAI

 

STAINU Purworejo – Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Purworejo menggelar Webinar Nasional dengan tema “Strategi Penulisan Karya Ilmiah Untuk Publikasi Jurnal Nasional” pada Kamis lalu. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara STAINU Purworejo, Universitas Peradaban Brebes, dan Universitas Timor Nusa Tenggara Timur. Narasumber dari ketiga perguruan tinggi tersebut memberikan wawasan mendalam terkait penulisan karya ilmiah dan strategi kolaboratif dalam menembus publikasi jurnal, pada Kamis (28/12/2023).

Kegiatan Webinar Nasional STAINU Purworejo diisi oleh narasumber terkemuka, yaitu Abdul Aziz, S.Ag., M.Pd. (STAINU Purworejo), Ni Putu Yuni Astriani Dewi, M.Si. (Universitas Timor), dan Dr. Cintya Nurika Irma, M.Pd. sebagai Moderator dari Universitas Peradaban. Webinar ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa dan dosen dari ketiga perguruan tinggi, menciptakan suasana yang meriah dan penuh tanya-jawab.

Ni Putu Yuni menyoroti keragaman karya ilmiah dan menekankan pentingnya menggunakan model sistematika Introduction, Methods, Result and Discussion (IMRAD) untuk artikel ilmiah. Meskipun demikian, ia memperingatkan bahwa format penulisan artikel ilmiah harus disesuaikan dengan gaya atau template jurnal yang dituju.

Sementara itu, Abdul Aziz membahas Paradigma Kolaboratif sebagai strategi khusus untuk meraih publikasi di jurnal nasional. Ia menekankan bahwa kolaborasi antara mahasiswa dan dosen menjadi kunci sukses di era saat ini. Paradigma kolaboratif ini tidak hanya memperkaya hasil penelitian, tetapi juga berdampak positif pada pengembangan paradigma keilmuan yang lebih holistik dan komprehensif.

Ia juga menegaskan bahwa paradigma kolaboratif di STAINU Purworejo sendiri telah memberikan kontribusi positif yang signifikan. Hasil penelitian dan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa telah mencapai tingkat yang memuaskan, dengan sebagian besar dosen mendapatkan dana hibah penelitian dari sumber eksternal. Keberhasilan ini juga tercermin dalam publikasi di jurnal nasional bereputasi (Sinta 2) dan jurnal internasional bereputasi yang terindeks Scopus.

Diskusi berlanjut dengan menjawab pertanyaan peserta terkait artikel ilmiah yang berkualitas dan relevan di era sekarang. Abdul Aziz menekankan bahwa artikel ilmiah yang relevan adalah yang mampu menjawab permasalahan yang diangkat dan disusun oleh penulis yang benar-benar menguasai bidangnya. Ia juga menyoroti peran kritis penelitian dalam menyentuh isu-isu terkini dan memberikan solusi yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas.

Webinar melalui Guest Lecture ini menjadi tonggak penting dalam memahami peran paradigma kolaboratif dalam meningkatkan hasil penelitian dan publikasi di dunia akademis. STAINU Purworejo membuktikan bahwa kerjasama antara dosen dan mahasiswa dapat membawa dampak positif yang nyata dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencapai pengakuan internasional melalui publikasi yang berkualitas.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar