SEKILAS INFO
Jumat, 12 Jul 2024
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || TELAH DIBUKA!! GELOMBANG I PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A. 2024/2025 (JANUARI - APRIL 2024

Pendampingan Dalam Meningkatkan Kreatifitas Seni Musik Melalui Penciptaan Lagu Anak untuk Guru Di Sekolah PAUD/TK Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

STAINU Purworejo — Sabtu, 16 Desember 2023 KKN 01 STAINU Purworejo mengadakan acara PkM/pengabdian kepada masyarakat dengan tema”Pendampingan dalam meningkatkan kreatifitas seni musik melalui penciptaan lagu anak untuk guru PAUD /TK di Bagelen”. Acara PkM ini di hadiri oleh ketua IGTKI dan 20 guru TK/PAUD se-Kecamatan Bagelen. Dalam acara ini guru TK/PAUD merespon baik dengan mendengarkan paparan materi dari dosen PIAUD STAINU, yaitu bapak Yulianto M.sn. Acara dimulai dengan pembukaan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Purworejo dilanjutkan sambutan ketua IGTKI Kecamatan Bagelen oleh ibu Tutik Handayani S.Pd.

Skill guru AUD menjadi sasaran penting yang mesti diperhatikan. Melalui Penciptaan Lagu Anak untuk Guru Di sekolah PAUD, guru diharapkan mampu memberikan lagu lagu baru dan berkreasi dalam penyampaian pembelajaran. Ada beberapa alasan mengapa guru dibidang pembelajaran seni tidak menciptakan lagu tentang anak:

Keterbatasan kreativitas: Tidak semua guru seni memiliki kemampuan atau bakat dalam menciptakan lagu. Meskipun mereka memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang seni musik, mereka mungkin lebih nyaman menggunakan materi dan lagu yang sudah ada daripada menciptakan sendiri.

Fokus pada aspek teknis: Guru seni sering kali lebih fokus pada aspek teknis pendidikan musik, seperti membantu siswa mempelajari instrumen, memahami notasi musik, atau pengenalan genre musik tertentu. Menciptakan lagu dapat membutuhkan waktu dan energi ekstra yang mungkin tidak selalu dimiliki oleh guru seni yang sibuk.

Kurikulum yang terbatas: Guru dalam berkreasi seni mungkin memiliki batasan dalam kurikulum atau program pendidikan yang menentukan apa yang seharusnya diajarkan. Jika tidak ada persyaratan untuk menciptakan lagu anak, maka guru  mungkin tidak merasa perlu untuk melakukannya.Namun demikian, penting untuk dicatat bahwa ini hanya alasan umum dan tidak berlaku untuk semua guru AUD. Beberapa guru AUD mungkin sangat tertarik dan berbakat dalam menciptakan lagu anak, sementara yang lain mungkin lebih memilih untuk bekerja dengan materi dan lagu yang sudah ada.

Metode pengabdian dilakukan dengan model pendampingan melalui teknik pelatihan, ceramah, diskusi dan workshop. Pendekatan lain juga dilakukan dalam melaksanakan pengabdian ini yaitu melalui pendekatan persuasif, edukatif dan partisipatif. Pengabdian masyarakat ini rencanya akan menghasilkan artikel dan video pelatihan kreatifitas bagi guru guru PAUD di wilayah Bagelen. Harapan dilakukannya PkM ini yaitu peningkatan skill kreatifitas pengajar di ranah AUD.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar