SEKILAS INFO
Senin, 24 Jun 2024
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || TELAH DIBUKA!! GELOMBANG I PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A. 2024/2025 (JANUARI - APRIL 2024

Pendampingan Pengajaran Madrasatul Ilmi Dalam Meningkatkan Kualitas Spiritual Keagamaan Bagi Para Kaum Ibu dan Lansia di Desa Salam, Kec. Gebang

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / PAI

Minggu, 17 Desember 2023. Dosen dan Mahasiswa KKN Kelompok 05 Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Purworejo mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Salam, Kec. Gebang, Kab. Purworejo.

Kegiatan pengabdian tersebut merupakan salah satu bagian dari menjalankan konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pengajaran, penelitian dan pengabdian.

Adapun bentuk kegiatan dilakukan dengan cara melakukan pendampingan pengajaran Madrasatul Ilmi dalam rangka meningkatkan kualitas spiritual keagamaan bagi kaum ibu dan lansia di rutinan selapanan Fatayat Muslimat Ranting Desa Salam, pada Minggu, 17 Desember 2023, bertempat di Masjid At-Taqwa.

Ketua Muslimat, Hj. Maryati menyampaikan ucapan terima kasih dan menyambut baik adanya pengabdian dosen dan mahasiswa KKN STAINU Purworejo, khususnya bagi anggota Fatayat dan Muslimat

“Tentunya kami menyambut baik apa yang sudah dilakukan dosen dan mahasiswa KKN STAINU Purworejo, melihat masih kurangnya pendamping Madrasatul Ilmi bagi para kaum ibu dan lansia di Desa Salam sendiri, melalui kegiatan ini tentunya kami banyak belajar dan menimba ilmu apalagi terkait dengan amaliyah NU, seperti membaca sholawat Al-Barjanzi, Tadarus Al-Qur’an dan Tahlil”

Ibu Siti Khusniyati Sururiyah, M.Pd.I. selaku Dosen dan juga Narasumber dalam pengabdian ini menyampaikan beberapa materi mengenai kegiatan-kegiatan Madrasatul Ilmi di Masyarakat, seperti Tadarus Al-Qur’an, Tradisi Tahlilan, Pembacaan Kitab Al-Barjanzi, dan Dzikir Harian.

Di akhir kegiatan, Dosen beserta Mahasiswa KKN melakukan pendampingan praktik wudhu, praktik sholat dan tata cara pelaksanaan sholat jenazah.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar