SEKILAS INFO
Kamis, 13 Jun 2024
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || TELAH DIBUKA!! GELOMBANG I PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A. 2024/2025 (JANUARI - APRIL 2024

STAINU Purworejo Gelar Evaluasi Kurikulum PAI Berbasis OBE untuk Mendukung MBKM

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Purworejo, 17 Juni 2023 – Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Purworejo menggelar kegiatan evaluasi dan review kurikulum yang berbasis Outcome-Based Education (OBE) dengan tujuan untuk mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pihak, termasuk jajaran pimpinan, Ketua, Wakil Ketua 1 Bidang Akademik, Kaprodi PAI, dan dosen-dosen Prodi PAI, serta berbagai stakeholder seperti pengawas PAI tingkat SD, SMP, SMK, MGMP PAI SMK, MGMP PAI SMA, dan perwakilan alumni.

Dalam sambutannya, Mahmud Nasir, Ketua STAINU Purworejo, menjelaskan bahwa evaluasi dan review kurikulum Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) ini bertujuan untuk memperbarui dan meningkatkan kompetensi lulusan PAI. Kurikulum ini juga telah mengalami perubahan dari Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) ke MBKM sesuai dengan perkembangan kebijakan pendidikan yang ada.

Mahmud Nasir juga menekankan ciri khas STAINU Purworejo, yaitu interkoneksi antara ilmu pengetahuan, keindonesiaan, dan keislaman. Selain itu, kurikulum ini telah disesuaikan dengan Permendikbud No 3 tahun 2020 untuk memastikan mahasiswa memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, sebagai bentuk responsivitas STAINU Purworejo terhadap perkembangan terkini dan kebijakan pemerintah.

Dalam sesi diskusi, moderator menyebutkan bahwa kehadiran Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di dunia pendidikan bisa menjadi tantangan, namun STAINU Purworejo melihatnya sebagai peluang. Kurikulum yang dievaluasi saat ini dirancang untuk memastikan bahwa lulusan PAI STAINU Purworejo dapat memenuhi kebutuhan dan tuntutan pasar kerja, baik saat ini maupun di masa depan.

Tatik Pudjiani, selaku pengawas PAI, memandang bahwa meskipun prestasi Prodi PAI STAINU Purworejo di level lokal telah baik, tantangan sebenarnya adalah meningkatkan eksistensinya di tingkat nasional dan internasional. Dalam upaya ini, Tatik menggarisbawahi pentingnya visi dan kurikulum yang berorientasi masa depan.

Salah satu perhatian utama adalah pembekalan teknologi pendidikan. Menurut para pengawas dan alumni, saat ini terdapat kekurangan dalam menghasilkan guru PAI yang kompeten dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Selain itu, mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga perlu lebih diperkuat dalam kurikulum untuk mendukung era digital.

Penggunaan media sosial seperti Instagram dan TikTok juga menjadi aspek penting dalam dunia pendidikan saat ini. Tatik, menggarisbawahi perlunya mengintegrasikan penggunaan platform tersebut dalam pembelajaran. Selain itu, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) juga menjadi fokus pembicaraan. Sarana prasarana dan SDM yang lebih lengkap di kampus lain dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa STAINU Purworejo.

Pentingnya menghasilkan lulusan yang memiliki karakter moderat dan dapat membimbing dengan baik juga disoroti, serta perluasan kemampuan bahasa asing untuk pengajaran yang lebih baik.

Dalam upaya memenuhi rekomendasi ini, STAINU Purworejo menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi tantangan masa depan, baik di dunia pendidikan maupun masyarakat.

Abdul Aziz

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar