SEKILAS INFO
Kamis, 13 Jun 2024
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || TELAH DIBUKA!! GELOMBANG I PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A. 2024/2025 (JANUARI - APRIL 2024

Sukses dan Inovatif! Dosen dan Mahasiswa STAINU Purworejo ini Kembangkan Wisata Edukasi Religi Berbasis UMKM di Desa Loning

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

 

STAINU Purworejo – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 003 dari Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Purworejo, bersama dosen pendamping melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), berhasil mencetak prestasi gemilang dalam mengembangkan sektor pariwisata di Desa Loning, Kecamatan Kemiri. Melalui inovasi dan kerjasama erat dengan masyarakat, tim KKN STAINU Purworejo menciptakan gebrakan baru dalam menggali potensi wisata edukasi religi berbasis UMKM, pada Kamis (28/12/2023). Langkah ini menjadi momentum penting dalam memperkaya destinasi wisata di tingkat lokal dan membangkitkan semangat masyarakat Desa Loning.

Pengabdian masyarakat hasil kolaborasi dosen dan mahasiswa ini tidak hanya berhenti pada merumuskan ide-ide inovatif, tetapi mereka juga mengimplementasikannya dengan sukses. Pengembangan wisata edukasi religi di Desa Loning melibatkan berbagai unsur, mulai dari UMKM lokal, Pokdarwis Religi, hingga Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Kepala Desa Loning, Subur, menyambut baik upaya kolaboratif ini sebagai langkah maju dalam memajukan potensi wisata desa.

Dalam sebuah penyerahan simbolis, tim KKN STAINU Purworejo memberikan pernak-pernik inovatif kepada Kepala Desa Loning. Mulai dari kaos berdesain wisata edukasi religi hingga botol inovatif yang akan digunakan sebagai wadah air sumur peninggalan Tuan Guru Loning. Langkah ini bukan hanya sebagai upaya memperindah desa, tetapi juga sebagai strategi efektif dalam mendukung UMKM setempat.

Namun, perjalanan sukses ini tidak lepas dari berbagai tantangan. Pertanyaan dari BPD dan pelaku UMKM seputar pengembangan rest area, manajemen dana bulanan, dan pemasaran produk di area makam dijawab tuntas oleh tim PkM. Abdul Aziz, S.Ag., M.Pd., narasumber utama, menyoroti pentingnya komunikasi yang efektif dan efisien, salah satunya melalui pembentukan grup WhatsApp untuk kelancaran pendampingan program.

Langkah-langkah konkrit tim KKN STAINU Purworejo bersama dosen memberikan dampak positif di masyarakat Desa Loning. Tidak hanya sekadar peningkatan ekonomi melalui UMKM, tetapi juga meningkatnya minat wisatawan untuk mengunjungi desa tersebut. Dialog antara Kepala Desa, audiens, dosen dan tim KKN menjadi contoh bagaimana kolaborasi yang solid dapat membawa perubahan positif dalam pengembangan sektor pariwisata lokal.

Tim KKN STAINU Purworejo membuktikan bahwa kolaborasi yang kuat antara mahasiswa, dosen, dan masyarakat dapat menciptakan inovasi yang signifikan dalam pengembangan wisata edukasi religi berbasis UMKM. Desa Loning menjadi saksi keberhasilan ini, dan perjalanan ini diharapkan dapat menginspirasi desa-desa lain dalam mengoptimalkan potensi lokal untuk pembangunan berkelanjutan.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar