SEKILAS INFO
Jumat, 12 Jul 2024
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || TELAH DIBUKA!! GELOMBANG I PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A. 2024/2025 (JANUARI - APRIL 2024

Tutup Program KKN di Loning, Mahasiswa STAINU Purworejo Gelar FGD dan Penyerahan SK Pokdarwis Baru

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

STAINU Purworejo – Sebagai penutup kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa Loning, Kecamatan Kemiri, Tim KKN STAINU Purworejo Kelompok 003 menggelar Forum Group Discussion (FGD) dan seremoni penyerahan Surat Keputusan (SK) Pokdarwis baru pada Selasa (02/01/2024). Bertempat di Desa Loning, malam tersebut menjadi momentum penting dalam merealisasikan tema inovasi moderasi beragama sebagai fokus utama KKN Tematik STAINU Purworejo Tahun 2023.

Dalam FGD yang dihadiri oleh para pengurus Pokdarwis, Takmir Masjid, dan Pengelola Wisata Edukasi Religi Makam Tuan Guru Loning, dibahaslah restrukturisasi dan reformasi terbaru dalam struktur organisasi Pokdarwis. Pembaruan ini diarahkan khusus pada Pokdarwis Religi, dengan tujuan untuk memberikan fokus yang lebih tajam dalam pengembangan dan inovasi wisata edukasi religi Tuan Guru Loning. Kegiatan ini dilaksanakan di serambil Masjid Jami’ Arrofi’i kompleks Makam Tuan Guru Loning.

Hadir sebagai pemangku kepentingan langsung, Ketua BUMDes, Ketua Pokdarwis, dan jajaran kepengurusan terkait turut serta dalam forum tersebut. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN STAINU Purworejo di Loning, Abdul Aziz, S.Ag., M.Pd., memberikan dukungan penuh terhadap tekad dan komitmen Pemerintah Desa Loning, BUMDes, Pokdarwis, Takmir, dan Pengelola Makam Tuan Guru Loning dalam mengembangkan destinasi wisata edukasi religi.

Dalam sambutannya, Abdul Aziz mengapresiasi keseriusan para pihak yang terlibat dalam pengelolaan kawasan destinasi wisata. Ia juga menjelaskan konsep manajemen kelembagaan dengan misi pendidikan Islam, terutama melalui wisata edukasi religi. Pokdarwis tidak hanya dianggap sebagai pendorong wisata dan ekonomi kerakyatan, tetapi juga sebagai penerus misi pendidikan Islam dengan mengedepankan nilai-nilai pendidikan dan dakwah ala walisongo yang tidak lepas dari moderasi beragama.
Dalam forum, Tupoksi Pokdarwis Religi yang telah direformasi melalui kolaborasi mahasiswa dan dosen dijabarkan secara rinci. Contoh-contoh program kerja dan arahan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang juga disampaikan. FGD ini berlangsung hingga larut malam, menunjukkan antusiasme peserta terhadap diskusi yang dimoderatori oleh mahasiswa KKN.

Momen penutupan KKN ini diberi warna dengan doa bersama yang dipimpin oleh mahasiswa, Dika (Mahasiswa PAI), dan penyerahan SK Pokdarwis terbaru dari DPL kepada Ketua Pokdarwis, Kiai Jamil. Melalui kegiatan ini, mahasiswa STAINU Purworejo tidak hanya membuka wawasan masyarakat, tetapi juga menciptakan langkah konkret untuk merealisasikan harapan dan aspirasi masyarakat setempat. Kegiatan KKN Tematik STAINU Purworejo di Desa Loning diakhiri dengan sukses, meninggalkan jejak positif dalam pengembangan destinasi wisata religi di wilayah Jawa Tengah.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar