header-int

SEKILAS SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA PURWOREJO

Posted by : Administrator
Share

Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Purworejo lahir di tengah-tengah masyarakat Purworejo sebagai respon dari Umat Islam Purworejo untuk menampung lulusan-lulusan SMTA diseputar tahun 1974/1975. Waktu itu umat Islam Purworejo utamanya warga NU belum memiliki Perguruan Tinggi Islam, kecuali Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Cabang Yogyakarta yang menjadi milik Pemerintah, itupun kemudian ditutup pada tahun 1976.

STAINU waktu itu masih dengan Perguruan Tinggi Islam Imam Puro (PTII) dengan dua Fakultas yaitu Tarbiyah dan Syari'ah di bawah Yayasan YPI Imam Puro, Tempat kuliah menempati gedung pertemuan NU di Jalan Wahid Hasyim (Kepatihan) dengan segala keterbatasan. Karena kurang memadai kemudian pindah ke lokasi gedung SMP NU di Tugu Jalan Ahmad Yani, waktu kuliah siang karena paginya digunakan SMP NU. Perkembangan berikutnya dari Program Sarjana Muda menjadi Program Sarjana (S1) dengan nama STITNU yang kemudian berubah lagi menjadi STAINU sampai sekarang.

Dengan model percaya diri dan memohon kepada Allah dengan sering menyelenggarakan mujahadah, dari waktu ke waktu STAINU mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan. Wisuda Sarjana berkali-kali telah diselenggarakan dan para alumninya telah tersebar di berbagai tempat dan telah mengabdikan ilmu dan tenaganya baik dilingkungan pemerintah maupun dilingkungan swasta.

Kini STAINU yang dirintis oleh para tokoh/ulama Purworejo mantap eksis di tengah masyarakat Purworejo dengan memiliki tanah dan gedung sendiri di sebelah Utara GOR WR. Supratman. Di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Nahdlatul Ulama (YASPINU). STAINU Purworejo siap untuk mencetak sarjana-sarjana muslim yang berkualitas, berakhlak, dan berwawasan kebangsaan dalam menjawab tantangan zaman. 

Stainu Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Yang Unggul Dan Terkemuka Dalam Integrasi Keilmuan Yang Berwawasan Global
© 2019 Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo Follow STAINU PURWOREJO: Facebook Twitter Linked Youtube