SEKILAS INFO
Jumat, 12 Jul 2024
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || TELAH DIBUKA!! GELOMBANG I PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A. 2024/2025 (JANUARI - APRIL 2024

PRODI PIAUD STAINU PURWOREJO BERKOLABORASI DENGAN TOKOH-TOKOH PENTING YANG BERKAITAN DENGAN ANAK USIA DINI DI KABUPATEN PURWOREJO

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Kamis 07 September 2023, Prodi PIAUD STAINU Purworejo berkolaborasi dengan tokoh-tokoh penting yang berkaitan dengan anak usia dini di kabupaten Purworejo. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk menilai keefektifan kurikulum yang ada dan mengidentifikasi potensi perbaikan serta perkembangan yang diperlukan guna meningkatkan kualitas pendidikan di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.

Kegiatan ini diikuti oleh Ketua STAINU Purworejo, Dosen PIAUD STAINU Purworejo, Dewan Pendidikan Kab. Purworejo, Kemenag Kab. Purworejo/Pengawas RA Kab. Purworejo, Ketua Igra Kab. Purworejo, Ketua Igtk Kab. Purworejo dan Alumni PIAUD STAINU Purworejo serta beberapa Mahasiswa PIAUD STAINU Purworejo.

“Kegiatan Evaluasi Kurikulum Program Studi PIAUD STAINU Purworejo bertujuan untuk bisa menilai ke efektifan prodi , mengali, memperbaiki dan mengembangkan serta meningkatan  kualitas di bidang PIAUD STAINU Purworejo“. Ucap Ibu Nurjanah selaku Kaprodi PIAUD STAINU Purworejo.

“Dalam kegiatan ini untuk meningkatan memajukan Prodi PIAUD mengevaluasi kurikulum, berbicara dengan isi, itu akan mempengaruhi wadah ada input ada proses, ada kurikuum yang kita terapkan, materi apa saja? bahan apa saja? Dan sekarang kita mau buat apa?, ada pergeseran kurikulum dalam mengembangkan kurikulum dan selalu menerima tantangan globalisasi, globalis (orang-orang yang ingin berperan secara global), kemajuan ilmu informasi itu bisa memberi manfaat dan membahayakan, anak sekarang mainya hp bukan lagi mainan jaman dlu, maka tantangan seperti itu kurikulum harus menyamakan , ekonomi berbasis pengetahuan supaya ada produktifitas yang bagus, menyiapkan guru yang mempunyai skill beradaptasi , kompetensi masa depan kemampuan komunikasi ide gagasan dan pikiran , guru piaud harus menguasai bahasa, harus berfikir kritis, kemampuan menghadapi permasalahan, menjadi WNI yang bertanggung jawab, toleransi, hidup dengan bermasyarakat yang global mampu berfikir secara global, minat luas, pekerjaan sesuai minat bakatnya, memiliki rasa tanggung jawab dengan lingkungan, akreditasinya akan dilihat masyarakat, lulusan (mismatch kompetensi) selalu siap untuk menjadi apapun ( multitelent), kurikulum akuntabilitas bagi mahasiswa, pembelajaran dan asesmen, sarana dan prasarana, karakteristik OBE pendidikan berbasis OB sekarang pendidikan berbasis out cam”. Ucap Dewan Pendidikan Kab. Purworejo.

“Kurikulum merupakan suatu nyawa dari lembaga, kurikulumnya bagus tetapi stakeholdernya tidak bagus maka tidak akan berjalan dan sebaliknya kurikulumnya tidak bagus  tetapi stakeholdernya bagus maka akan berjalan”. Ucap Ketua Igra Kab. Purworejo.

”Terkait dengan kurikulum yang berkaitan tentang hadis-hadis melalui gerakan tetapi gerakannya berbeda-beda harapannya di STAINU Purworejo gerakannya menjadi sama bisa lebih baik ditambahkan untuk lebih baik lagi, walaupun TK kita umum tetapi mengajarkan keagamaan  NU, guru-guru yang kuliah di STAINU Purworejo lebih baik dalam keagamaannya, berceritanya, dan tidak boleh keluar dari garis, untuk mata kuliahnya Kearifan Lokal Purworejo jika bisa dimasukan bahsa jawanya  kebanyakan guru binggung yang harus di ajarkan bahasa jawa yang bagaimana, harapannya di STAINU Purworejo ada dan mengajarkan, modul ajar sudah cukup rpph tidak harus ada, asesor binggung apa yang digunakan? modul ajar atau dg rpph? Walaupun tidak untuk praktek tetapi punya skil”. Ucap Ketua Igtk Kab. Purworejo.

“Harapan kami bisa berkerja sama dengan Perguruan Tinggi mana agar teman kami bisa S2, dari Pendidik RA sudah ada 30 yang sudah sertifikasi, harapannya PIAUD STAINU Purworejo membuka Pascasarjana PIAUD”. Ucap Kemenag Kab. Purworejo/Pengawas RA Kab. Purworejo.

Oleh : M. Tri W. & M. Januar Isdiyantoro

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar