SEKILAS INFO
Jumat, 12 Jul 2024
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || TELAH DIBUKA!! GELOMBANG I PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A. 2024/2025 (JANUARI - APRIL 2024

SEMARAK PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW STAINU PURWOREJO

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

STAINU Purworejo — Kamis, 12 oktober 2023 STAINU Purworejo mengadakan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengambil Tema ” Meneladani Akhlak Mulia Rasulullah Sebagai Insan Yang Berakhlakul Karimah Serta Mempererat Ukhuwah Islamiyyah”.

Kegiatan ini dihadiri oleh dosen dan semua mahasiswa dan mahasiswi STAINU Purworejo. Adapun kegiatan sebelum acara pengajian Maulid yaitu mempersembahkan pentas seni dari tiga Prodi yaitu Prodi PAI, Prodi PIAUD, dan Prodi PGMI. Kegiatan dibuka dengan penampilan dari perwakilan UKM hadroh yaitu dari Saudara Lukman Widiatmoko yang menampilkan lagu sholawat dengan suara khasnya dan dilanjutkan penampilan dari setiap Prodi.

Kegiatan Pengajian Maulid Nabi Muhammad SAW yang diisi oleh beliau Bapak Dr. Muhammad Ridho Muttaqin M. Pd. I menyampaikan bahwasanya kita sebagai calon guru harus bisa menanamkan kepada siswa karakter yang Ahlussunah wal Jama’ah an Nahdliyah dan menanamkan kepada peserta didik untuk mencintai Nabi Muhammad Saw contohnya bisa dengan diadakannya maulid Nabi Muhammad Saw.

Tujuannya diadakannya maulid Nabi Muhammad Saw yang pertama meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan cara membaca sholawat yang kedua untuk meningkatkan rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad Saw.

Ketika membaca kitab Al barzanji bisa dengan ma’nanya agar kita tahu silsilahnya Nabi Muhammad SAW dan kehidupannya Nabi Muhammad SAW. Atau dengan Kitab Sirah Nabawiyah yang menjelaskan silsilah Nabi Muhammad SAW dan kehidupan Nabi Muhammad SAW dengan lengkap. Nabi Muhammad SAW menggunakan 2 metode dakwah yang pertama sembunyi-sembunyi ya g kedua terang-terangan.

Kita sebagai calon guru ketika mengajar di kelas harus memperhatikan metode dan strateginya agar anak-anak mudah memahami dan tidak bosan berada di kelas untuk guru PGMI dan PIAUD bisa menggunakan metode lagu untuk mengajar anak-anak di sekolah. Dan ada sepatah kata yang beliau sampaikan yaitu “Kalau tidak mau membaca sholawat itu namanya kualat”.

Pengajian ini di tutup dengan do’a yang dipimpin oleh Bapak Dr. Muhammad Ridho Muttaqin, M.Pd.I. Pada kegiatan maulid ini dari Panitia juga membuat lomba yaitu mengkreasikan berkat yang di ikuti oleh Prodi PAI, PGMI dan PIAUD yang di menangkan oleh Prodi PGMI dan mendapatkan piagam penghargaan.

 

Penulis : Catur Apriyanto & Luluk Nurul Ngaini

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar