SEKILAS INFO
Jumat, 14 Jun 2024
  • Selamat Datang di Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah || TELAH DIBUKA!! GELOMBANG I PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A. 2024/2025 (JANUARI - APRIL 2024

STAINU Purworejo Gelar Evaluasi Kurikulum Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Purworejo, Kamis, 15 Juni 2023 – Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Purworejo menggelar kegiatan Evaluasi Kurikulum Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di institusi tersebut. Kegiatan evaluasi kurikulum ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi potensi perbaikan dalam kurikulum yang telah diterapkan sejak tahun 2016 hingga 2019. Evaluasi ini merupakan langkah penting dalam upaya mengembangkan pendidikan anak usia dini yang lebih baik di STAINU Purworejo.

 

Salah satu aspek yang ditekankan dalam evaluasi ini adalah peran pihak eksternal, termasuk alumni, dalam memberikan masukan terhadap proses perubahan kurikulum PIAUD ke depan. Alumni diundang untuk berbagi pengalaman mereka dalam menjalani kurikulum PIAUD di STAINU Purworejo, sehingga perspektif mereka dapat menjadi kontribusi berharga dalam pengembangan kurikulum yang lebih efektif.

Ketua Program Studi PIAUD STAINU Purworejo, Nurjanah, menjelaskan bahwa tujuan dari evaluasi kurikulum ini adalah untuk menggali potensi perbaikan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini, khususnya dalam Prodi PIAUD STAINU Purworejo. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, masukan dari para mitra dan stakeholder diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga. Kegiatan evaluasi ini juga mencakup pemantauan mata kuliah yang telah diajarkan, seperti Pengembangan Agama dan Moral Anak, Kearifan Lokal Purworejo, Metodologi Penelitian dan Desain Interior dan Eksterior, serta penekanan pada pengembangan jiwa wirausaha pada lulusan PIAUD STAINU Purworejo.

Para peserta kegiatan evaluasi juga membahas upaya untuk menyesuaikan kurikulum dengan tantangan dan kompetensi masa depan, termasuk aspek pendidikan dalam era 4.0. Transformasi pendidikan, seperti penggunaan blended learning, skill literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia, menjadi perhatian utama dalam pengembangan kurikulum ke depan.

Dalam kesempatan ini, Asih, Ketua IGRA (Ikatan Guru Raudhatul Athfal), juga mendapat rekomendasi untuk diberikan kesempatan mengajar sebagai dosen kehormatan di STAINU Purworejo. Hal ini sebagai langkah positif dalam memperkuat kolaborasi antara STAINU dan praktisi pendidikan di lapangan.

Evaluasi kurikulum yang dilakukan oleh STAINU Purworejo ini diharapkan akan memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan kualitas pendidikan Islam anak usia dini di wilayah tersebut. Dengan keterlibatan para pemangku kepentingan, termasuk alumni dan mitra, langkah ini menunjukkan komitmen Prodi PIAUD STAINU Purworejo dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi perubahan zaman. (Humas dan Publikasi)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar